Senin01222018

Last update05:00:00 AM

Back Pendidikan

SMAN 1 Batam Borong Juara Nasional

Ikut Ajang RBL Eureka ITB Tingkat Nasional  

BATAM (HK) - Prestasi perdana di bulan Januari tahun 2018  ini berhasil diraih para pelajar SMAN 1 Batam diajang kompetisi bergengsi tingkat nasional pada lomba Research Based Learning (RBL) Eureka. Sebanyak dua piala disabet, yakni juara I  dan juara III RBL Eureka ITB 2018. Ajang ini berbasis RBL yang diselenggarakan untuk siswa SMA/MA dan Mahasiswa tingkat nasional nasional.

Juara Nasional Mengawali Prestasi Tahun 2018

Kepsek Mengaku Bangga

BATAM (HK) - Memasuki tahun 2018 ini, membawa makna tersendiri bagi kepsek, para guru dan siswa di SMAN 1 Batam. Mengawali prestasi pada tahun ini dengan meraih dua juara ditingkat nasional, juara I dan juara 3 di ajang kompetisi bergengsi tingkat nasional pada lomba Research Based Learning (RBL) Eureka ITB 2018. Kompetisi ini diikuti seluruh peserta SMA/MA se Indonesia yang acara grand finalnya diselenggarakan di kampus ITB pada 20 Januari 2018 kemarin.   

Target Raih Nilai UNBK Tertinggi

Siswa Bisa Masuk 10 Besar se Kepri

BATAM (HK)- Kepala Sekolah SMPN 26 Batam, Rafe'ah SPd menargetkan pada ujian nasional (UN) tahun 2018 ini salah satu siswanya bisa meraih nilai tertinggi dan masuk 10 besar se Provinsi Kepri. Ia merasa optimis target itu bisa tercapai tahun ini, karena melihat dari kemampuan anak didik cukup menyakinkan menguasi materi pelajaran (mapel).

Prestasi Siswa Lebih Utama

Meski Keterbatasan Sarana dan Prasarana Dimiliki

BATAM (HK) - Meski sarana dan prasarana sekolah dimiliki sangat terbatas, namun bagi SMPN 38 Batam bukan menjadi halangan untuk meningkatkan prestasi siswanya, baik bidang akademik maupun non akademik. Seperti untuk pengembangan diri siswa (ekstrakurikuler), sekolah memanfaatkan lahan kosong milik developer yang digunakan untuk lapangan olahraga.

Target Nilai UNBK Lebih Meningkat

SMA HU Lakukan Pemantapan UN Lebih Awal

BATAM (HK) - Kepala Sekolah Harapan Utama (HU). Dra Yulia Yusman memargetkan, hasil ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun ini diperoleh SMA HU bisa lebih meningkat dari tahun sebelumnya. Karena sekolah telah melakukan berbagai upaya untuk membekali siswanya dalam menghadapi UN nanti.

Fun Day dan Open House SHU akan Diisi Berbagai Kegiatan Lomba

BATAM (HK) - Sekolah Harapan Utama (SHU) kembali akan menggelar kegiatan rutin berupa Fun Day ang Open House. Kegiatan ini diisi berbagai lomba yang diikuti peserta dari tingkat TK, SD, SMP, SMA dan SMK, diantraanya, Cerdas Cermat, English Competition, Story Telling Bahasa mandarin, Basket, Mewarnai, Menggambar, dan Fashion Show.

Target 3 Tahun UNBK Mandiri

Saat Ini SMAN 5 Masih Numpang UNBK

BATAM (HK) - Kepala Sekolah SMAN 5 Batam, Bahtiar MPd menargetkan tiga tahun mendatang sekolahnya bisa menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK) secara mendiri. Meski demikian, untuk ujian nasional (UN) tahun 2017 kemarin telah menggelar UNBK dengan cara menumpang ke SMKN 1 Batam.

Siap Hadapi UN Esai

Siswa Telah Terlatih Model Ulangan Harian

BATAM (HK) - Sejumlah kepala sekolah (kepsek) SMP mengaku siap menghadapi soal ujian nasional (UN) berbentuk esai. Pasalnya, siswanya telah terbiasa dengan ujian esai ini saat ulangan harian atau mid semester. "Gak masalah soal UN memakai pola esai, karena anak telah terbiasa dengan ulangan harian maupun mid semester," ujar Kepsek  SMPN 12 Batam Dra Nurmi menjawab Haluan Kepri, Selasa (9/1).

Jawaban Soal UN Esai Lebih Terarah

BATAM (HK) - Kepala Sekolah SMPN 28 Batam Boedi Kristijorini menilai, soal ujian nasional (UN) dalam bentuk esai jawaban siaswa akan lebih tearah dan siswa lebih konsentrasi dalam menjawab. Berbeda bila soal UN pilihan ganda, siswa tidak diajak untuk berpikir kritis.

Pengembangan SMK Berbasis Industri

Melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016, Presiden menegaskan perlunya revitalisasi SMK untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Inpres tersebut menugaskan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk membuat peta pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di setiap daerah dengan menyesuaikan dengan arah pembangunan daerah masing-masing.  

Cheer Leader RRF SMK MHS Ingin Go Nasional

BATAM (HK) -  Kelompok Cheer Leader Rooster Rasta Fire (RRF) milik SMK Multistudi High School (MHS) berkeinginan prestasinya bisa mencapai go nasional.  Pasalnya Cheer Leader RRF ini, kalau prestasi untuk tingat regional sudah banyak dikantongi, seperti pernah meraih juara I Haris Day Batam 2017, juara 2 saat lounching Yahaha 2016 dan juara 2 lounching Yamaha 2017, juara harapan ketika Gebyar Merah Putih, serta prestasi lainnya, dan kerap diundang mengisi acara.

USBN SD 8 Mapel Memberatkan Siswa

BATAM (HK) - Sejumlah guru SD yang mengajar kelas VI,  mengaku berat bila mana pemerintah menerapkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD tahun ini mengujikan 8 mata pelajaran (mapel). Karena siswa akan tidak siap mengahadapi 8 mapel, untuk tiga mapel saja banyak siswa yang keteteran.

Soal UN Essai Memberatkan Siswa

BATAM (HK) - Rata-rata siswa kelas XII yang menjadi peserta ujian nasional (UN) mengaku tidak setuju apabila diadakan  perubahan soal UN dari pilihan ganda menjadi essai. Mereka menganggap perubahan ini akan memberatkan para peserta UN, karena tidak essai saja masih pilihan ganda, nilai UN diperoleh masih kurang memuaskan.