Rabu04252018

Last update05:00:00 AM

Back Pendidikan

UNKP SMP Berjalan Lancar

Hari Pertama Mapel Bahasa Indonesia

BATAM (HK) - Pada hari pertama pelaksanaan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) tingkat SMP di Batam berjalan lancar. Tidak ada laporan kekurangan soal, kebocoran soal atau pun soal terlambat datang. Hal ini dikarenakan pelaksanaan UNKP dimulai pukul 10.30 WIB. Untuk hari pertama UN ini mengujikan materi mata pelajaran Bahasa Indonesia.  

Server Ngadak Peserta UNBK Sempat Panik

BATAM (HK) - Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs di Kota Batam  sempat diwarnai gangguan server (server down).  Diperkirakan sekitar 1 jam, server ngadat tidak bisa mengakses kepada server pusat. Hal ini sempat membuat panik para peserta UN.

Ajak Teladani Perjuangan Kartini

Dari Peringatan Hari Kartini di Sekolah

BATAM (HK) - Perayaan peringatan hari Kartini,  Sabtu, 21 April di berbagai sekolah cukup meriah. Para siswi mengenakan pakaian kebaya. Sedangkan guru dan siswa laki-laki semua mengenakan pakaian batik. Warga sekolah dan pengurus OSIS juga mengadakan berbagai lomba, mulai dari baca puisi bertema Kartini, masak nasi goreng kreasi, fashion show hijab modern, vocalia, serta pakaian kategori busana terbaik Kartini untuk siswa dan dewan juri guru.  

Setuju Sekolah di Batam Diperbaiki

Terkait Penyataan Menteri BUMN

BATAM (HK) - Praktisi pendidikan Alhadi Mulya menyatakan setuju atas pernyataan Menteri BUMN agar sekolah di Batam perlu diperbaiki. Ia sendiri melihat, banyak fasilitas yang masih lurang dan bangunn yng sudah tidak layak. "Betul itu kata bu mentri kalau sekolah di Batam harus di perbaiki dan dibenahi. Karena sejauh ini banyak sekolah yang kurang fasilitas, serta bangunan yang sudah tidak layak lagi," ujarnya dalam bincang-bincang bersama Haluan Kepri usai shalat Jumat (19/4) bersama di Masjid Raya, Batam Centre.

Camat Inisiatif Petakan PPDB

Kumpulkan Kepsek SD,SMP, SMK se-Batuaji

BATAM (HK) - Camat Batuaji Ridwan Afandi, mengambil langkah inisiatif untuk memetakan  penerimaan peserta didik baru (PPDB) mendatang. Seluruh kepala sekolah mulai dari SD, SMP hingga SMA/SMK dikumpulkan gun membahas mekanisme dalam penerimaan siswa baru mendatang.

Target 10 Besar UN Tertinggi se Kepri

SMAN 2 Tanjungpinang

BATAM (HK) - Kepala Sekolah SMAN 2 Tanjungpinang, Dr Enci Abdul Hajar MM, menargetkan pada hasil ujian nasional (UN) tahun ini, baik siswanya maupun sekolahnya bisa masuk 10 besar perolehan nilai UN tertinggi se Kepri. Hal ini ia yakini bisa tercapai, dikarenakan dua tahun lalu berturut-turut siswanya itu masuk 10 besar nilai UN se Kepri. Malah menduduki rangking kedua.

34 Siswa SMAN 5 Batam Lulus SNMPTN

BATAM (HK) -  Sebanyak 30 siswadari SMAN 5 Batam,  lulus dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 yang baru, Selasa (17/4) diumumkan.  Ke 34 siswa tersebut diterima diberbagai perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia.

Sekolah Gratiskan Pemantapan USBN

Target Masuk 10 Besar Nilai USBN Tingkat Provinsi

BATAM (HK) - SDN 004 Batuampar telah memberlakukan pemantapan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) kepada siswa kelas VI secara gratis. "Sengaja untuk pematapan kita gratiskan kepada siswa, karena memanfaatkn dana BOS yang telah kita lakukan sejak bulan Agustus 2017 lalu," ujar Kepala Sekolah SDN 004 Batu Ampar Nur Aini SPd kepada Haluan Kepri belum lama ini.

Yuk Budayakan Membaca di Sekolah

Di Sekolah pada jam-jam istirahat kantin lebih meriah dari pada perpustakaan. Data Badan Pusat Statistik menunjukkan minat baca anak Indonesia 17,66 persen, mendengarkan (radio) 40.3 persen, dan menonton 91,67 persen. Menurut Unesco, indeks minat baca Indonesia 0,001 persen, artinya dari 1000 penduduk hanya 1 orang yang serius membaca. Menurut penelitian Central Coneticut State University (Maret 2016), budaya literasi (baca-tulis) Indonesia peringkat 60 dari 61 negara yang diteliti, di bawah Thailand (59), Singapura(36).

SDN 004 Batuampar Raih Segudang Prestasi

BATAM (HK) - Berbagai prestasi baik akademik maupun non akademik telah banyak ditorehkan oleh siswa-siswi di SDN 004 Batuampar. Tidak heran bila sekolah ini menjadi favorit masyarakat, karena segudang prestasi setiap tahunnya berhasil dikumpulkan oleh sekolah ini.

Tanamkan Cinta Allah dan Rasulullah

Sekolah Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW

BATAM (HK) - Untuk menanamkan rasa cinta siswa terhadap Allah dan Rasulullah, serta memperkuat pendidikkan karakter, masing-masing sekolah menggelar  perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, Jumat (13/4). Meski hari besar perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW itu jatuh pada hari Sabtu (14/4), namun dikarenakan hari libur nasional kegiatan dimajukan menjadi hari Jumat.

Puluhan Anak PG/TK I Yos Sudarso Kunjungi Redaksi Haluan Kepri

tk i yos sudarso kunjungi haluan kepriBATAM (HK) - Pagi-pagi sekitar pukul 8.30 kantor Haluan Kepri kedatangan tamu cilik yang ingin melihat secara langsung dapur redaksi Haluan kepri, Kamis (12/4). Mereka didampingi guru pembimbing dan para orang tua, serta Kepala Sekolah PG/TK  I Yos Sudarso Regina Suharni langsung disambut  dan dibawa keruang pertemuan oleh Pimpinan Perusahaan Haluan Kepri Ramli, dan Redaktur Pendidikan Haluan Kepri Arment Aditya.

Hotel BWP Panbil Peduli Pendidikan

kunjungan panbil batamKunjungi Ucapkan Ultah Haluan Kepri

BATAM (HK) - Best Western Premier (BWP) Panbil merupakan hotel Best Western tipe premier yang keempat di Indonesia. Namun BWP Panbil merupakan yang termegah di antara empat BWP yang ada di seluruh Indonesia. Keberadaaan BWP Panbil tidak sekedar pure bisnis, melainkan ada kepeduliannya terhadap peningkatan pendidikan di Kota Batam.