Jumat04252014

Last update12:00:00 AM

Back Politik Dua Calon KPU Karimun Diduga Partisan

Dua Calon KPU Karimun Diduga Partisan

KARIMUN (HK) - Dua dari lima belas calon anggota KPU yang lolos seleksi kesehatan, psikologi dan tertulis, terindikasi partisan. Mereka, Okta Darma Putra SE dan M Nasruddin merupakan wakil sekretaris dan wakil ketua satu partai politik.
"Kita punya salinan Surat Keputusan partai jika mereka masih aktif di kepengurusan satu partai sampai 2011 lalu. Ini jelas telah melanggar persyaratan peserta seleksi anggota KPU yang mewajibkan tidak aktif lagi di partai sudah lima tahun lalu," kata Dewan pertimbangan Laskar Merah Putih (LMP) Kabupaten Karimun, Abdul Zahab, Senin (20/5).

Temuan ini katanya akan dijadikan bukti untuk menggugat keberadaan mereka (Okta dan Nasrudin) dalam proses ini. Pihaknya kataZahab, bersama puluhan ormas, LSM dan OKP akan menyurati Bawaslu, KPU dan KPU Kepri.

Atas bukti ini kata Zahab, pihaknya mendesak agar tim seleksi membatalkan keikutsertaan kedua peserta ini. Jika tidak, pihkanya mengancam akan menurunkan massa.

Terpisah, Ketua Tim seleksi anggota KPUD Kabupaten Karimun, Zulkhainein menegaskan, pihaknya tetap bekerja profesional dan berjalan sesuai aturan.

Berdasarkan sanggahan dari LMP bersama ormas dan OKP tersebut, Zulkhainein mengaku telah membaca apa yang dipersoalkan. Atas hal itu, dirinya pun menyurati KPU Kabupaten Karimun dengan meminta bukti apakah benar adanya dua orang yang dimaksud merupakan fungsionaris salah satu patrtai politik.

Berapa lama hasilnya sudah bisa didapat, Zulkhainein mengaku tidak tahu pasti. Namun dia berharap secepatnya KPU Kabupaten Karimun bisa memberikan jawaban.

Terkait tuntutan LMP bersama ormas dan OKP yang meminta hasil psikotes dibatalkan serta menunda proses selanjutnya, Zulkhainein mengaku hal itu tidak bisa dipenuhi. Artinya proses selanjutnya yakni wawancara akan tetap dilakukan yang kebetulan akan berlangsung hari ini, Rabu (22/5) dan akan berlangsung selama dua hari sampai besok.

"Surat sanggahannya sudah kami terima kemarin. Tapi kita akan tetap jalan sambil menunggu jawaban dari KPU apakah ada atau tidak dua orang yang dimaksud masih sebagai fungsionaris partai. Jadi besok (hari ini) proses wawancara terhadap 15 calon anggota KPUD Kabupaten Karimun akan tetap berlangsung," ucap Zulkhainein.

Sampai saat ini, telah ada lima sanggahan terhadap hasil seleksi sementara calon anggota KPU Karimun. Yang berasal dari LSM, ormas maupun OKP. Dengan persoalan yang disampaikan rata-rata adalah adanya peserta seleksi yang masih merupakan pengurus atau fungsionaris partai. (gan)

Share