Selasa09022014

Last update01:31:19 AM

Back Politik 10 Orang Layak Jadi KPU Tanjungpinang

10 Orang Layak Jadi KPU Tanjungpinang

TANJUNGPINANG (HK) - Tugas tim seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang berakhir, menyusul dikirimnya 10 nama calon anggota KPU setempat ke KPU Kepri, Senin (27/5).
Selanjutnya, nama yang masuk sepuluh besar akan diseleksi oleh KPU Kepri untuk ditetapkan sebagai anggota KPU Tanjungpinang.

Sekretaris Timsel Calon Anggota KPU Tanjungpinang, Sayed Fauzan mengatakan, pemilihan sepuluh nama dilakukan dengan sangat hati-hati. Mereka dinilai berdasarkan kepatutan dan kelayakan. Penilaian juga dipengaruhi hasil tes kesehatan, tes psikologi dan wawancara.

Ditambahkannya, antara kepatutan dan kelayakan tidak bisa dipisahkan. Namun, kepatutan memiliki bobot yang sangat penting. Ini lebih terkait pada jiwa dan emosi seseorang.

"Meski demikian, untuk penentuan selanjutnya berada di tangan anggota KPU Kepri. Walaupun data itu sudah diserahkan ke KPU Kepri, namun mereka tetap mengadakan koordinasi untuk memberikan sejumlah masukan atau catatan-catatan penting," jelasnya lagi.

Lebih lanjut Sayed menjelaskan, walau tugas timsel sudah selesai, namun masih ada tanggungjawab moral. Oleh karena itu timsel akan terus melakukan silaturahmi.

"Kita sudah mengadakan silaturahmi dengan anggota KPU Kepri tadi pagi. Pada saat itu kita sampaikan bahwa mereka orang-orang yang sangat patut dan layak mengikuti tes selanjutnya. Kita juga tetap ingatkan, agar kombinasi itu jangan dilupakan," tambahnya.

Rencananya lanjut Sayed, kesepuluh nama yang sudah ditetapkan itu akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di KPU Kepri, 31 Mei-17 Juni nanti. Pada kesempatan inilah, masyarakat memiliki kesempatan memberi masukan, saran dan kritik ke KPU Kepri.

"Selama ini kita juga sudah menerima banyak masukan dari masyarakat. Masih ada lagi kesempatan nanti. Jika hendak memberi saran atau kritik. Saat akan memberikan masukan dan kritikan agar melengkapi dengan identitas yang lengkap," sarannya.

Saat ditanya apa tema fit and profer test nanti, Sayed enggan menjawabnya. "Kalau itu sudah bukan tugas kami lagi. Tapi sudah menjadi tugas dan tanggungjawab KPU Provinsi Kepri. Tugas kita sudah selesai," ujarnya.

Rencananya, yang 10 besar ini akan mengikuti tes kelayakan dan kepatutan tanggal 31 Mei hingga 17 Juni nanti. Tanggal 18-20, KPU Kepri akan menyusun peringkatnya. Selanjutnya tanggal 21-23 Juni penerbitan keputusan anggota KPU Tanjungpinang.

Tanggal 24 Juni atau 25 Juni akan dilantik anggota KPU Kota Tanjungpinang terpilih dan yang melantik adalah anggota KPU Kepri.

Daftar Nama 10 Besar Yakni :

1. Dewi Haryanti
2. Dodi Dermawa
3. Ferdy Sinatra
4. Hendra
5. Muhammad Djuhari
6. Muhammad Yusuf
7. Robby Patria
8. Syahrial Ajis
9. Tutut Endro Hasto
10.Zulkifli Riawan

(sut)

Share