Selasa07292014

Last update12:00:00 AM

Back Ramadhan Ramadhan Diana Titik Windayati, Sekretaris Fraksi PPP Plus DPRD Batam

Diana Titik Windayati, Sekretaris Fraksi PPP Plus DPRD Batam

Nikmatnya Menjalanan Ibadah Ramadhan

Umat Islam Kota Batam diharapkan dapat meningkatkan volume ibadah selama bulan Ramadhan. Sebab Ramadhan merupakan momentum yang sengaja didesain Allah SWT untuk umat Nabi Muhammad SAW yang berpuasa.

Demikian yang dikatakan Diana Titik Windayati, Sekretaris Fraksi Partai Persatuan Pembangunan Plus DPRD Kota Batam.

"Ramadhan selalu menarik perhatian. Ditunggu dan diharapkan kehadirannya serta didamba para kekasih yang selalu ingin dekat dengan sang Khalik," kata Titik.

"Ramadhan merupakan kesempatan bagi kita untuk lebih meningkatkan frekuensi ibadah dan menebarkan amal kebaikan," ujarnya lagi.

Dijelaskannya, pada saat Ramadhan kaum muslim diajaran untuk berempati terhadap sesama. Tidak hanya itu, setiap bulan Ramadhan, semua waktu dapat bernilai ibadah, termasuk waktu yang dapat dilakukan untuk berkumpul bersama. Saling meminta dan memberi maaf, menguatkan tali silaturahim setelah sebelas bulan sebelumnya agak renggang karena padatnya kegiatan dan urusan yang berbeda-beda.

"Ramadhan secara langsung telah melatih diri kita untuk berbaik-baik dengan masyarakat di lingkungan terdekat hingga masyarakat yang jauh. Sahabat dekat dan sahabat jauh. Keluarga dekat dan keluarga jauh. Semuanya harus memperoleh hak untuk diperlakukan sebaik dan semaksimal yang kita bisa."

Dan lebih dari itu, jelasnya, Ramadhan telah mengajarkan kita untuk tidak hanya meningkatkan kesalehan spritual, namun juga kesalehan sosial sebagai wujud hubungan kita dengan sesama," imbuhnya.

Dengan adanya upaya dalam meningkatkan kesalehan sosial, secara bersamaan, kesalehan spiritual juga akan meningkat. Dengan selalu menggunakan waktu-waktu luang untuk membaca dan mengkaji Al Qur'an, rutinitas ibadah dan amalan selama Ramadhan.

Berkah Ramadhan juga berdampak pada hubungan kasih sayang bersama keluarga.

"Terdapat banyak waktu untuk bersama keluarga di tengah kesibukan yang rutin setiap harinya sebagai sesama wakil rakyat. Setiap harinya dalam bulan puasa, minimal ada dua waktu untuk bersama yaitu saat sahur dan berbuka. Sementara kalau diluar Ramadhan, susah mencari waktu untuk bersama."

"Tambah akrab dan dekat dengan keluarga, sebagai wujud kasih sayang Ramadhan," pungkasnya.

Dikatakan Titik, dengan keyakinan yang tinggi dan harapan mampu meningkatkan volume ibadah, Ramadhan akan terasa berlalu demikian cepat. Tidak terpikir lagi haus dan dahaga, sudah tertutup dengan bayangan kelipatan pahala dari amal kebaikan dalam bulan Ramadhan.

"Yang utama pada Ramadhan ini, saya selalu berusaha untuk setiap saat membaca Al Qur'an dan paling tidak satu kali khatam," pungasnya. (wan)

 

Share