Senin02192018

Last update05:00:00 AM

Back Rubrik

Menangkap Peluang Pariwisata

Menangkap peluang di tengah banyaknya agenda pariwisata Batam dan Kepri, merupakan suatu keharusan. Kenapa demikian? Dengan "menjamurnya" agenda pariwisata yang diprogramkan, menjadikan wisatawan lokal dan mancanegara makin banyak mengunjungi Batam dan Kepri. Tidak bijak rasanya jika hal itu diabaikan. Apalagi dibiarkan berlalu tanpa mendapatkan keuntungan.

Operasi Pemberantasan Pungli

Operasi Pemberantasan Pungutan Liar (Pungli) yang dilakukan sejumlah Polres di wilayah hukum Polda Kepri menjadi topik di Kepri. Selama seminggu terakhir, Tim Pemberantasan Pungli telah berhasil menangkap empat orang, tiga diantaranya oknum pegawai Negeri Sipil (PNS) di Batam dan Bintan dan satu lainnya dari PLN Karimun. Keempatnya itu tertangkap tangan ketika menerima upeti.

PNS Batam Terjaring OTT

Citra aparatur negara, kembali tercoreng. Dua pegawai Ditpam BP Batam berinisial H dan Y ditangkap polisi dalam operasi tangkap tangan  (OTT) di Pelabuhan Domestik Sekupang, Batam, Rabu (14/2) siang.

Kenyamanan Penumpang Angkutan Umum Batam

Keberadaan transportasi umum di Batam dinilai masih jauh dari harapan. Berdasarkan data yang disampaikan Dinas Perhubungan Kota Batam, dari 1.745 unit angkutan kota trayek cabang di Batam, sebanyak 1.262 unit diantaranya tidak layak jalan. Ini berarti sekitar 483 unit yang layak jalan. Tapi, dari sekian banyak angkutan umum yang tidak layak jalan itu, sebagian sudah dihancurkan dan dialihfungsikan oleh pemiliknya. Selain itu, Dinas Perhubungan Kota Batam juga merilis, ada ratusan bus trayek utama yang tidak layak beroperasi, namun masih melayani penumpang.

Membangkitkan Budaya Melayu Lewat FPP

Festival Pulau Penyengat (FPP) akan dihelat pada 14-18 Februari 2018 pekan ini, seiring peringatan Hari Jadi Pulau Penyengat. Dalam kegiatan lima hari itu, akan ada sekitar 20 kegiatan seni budaya khas Melayu, seperti lomba dayung sampan, lomba dayung sampan, lomba pukul bantal di laut, lomba nambat itik di laut, dan lomba becak motor hias. Selain itu, ada pula pangkak gasing, syahril gurindam 12, membaca gurindam 12, pertunjukan wayang cicak, dan kegiatan klinik sastra. Tidak ketinggalan pula Kompetisi Malay Fashion Carnaval, Parade Melayu dan Muslim Fashion, serta Bazar Melayu Fashion.

Perang Terhadap Narkoba

Perang terhadap narkoba memang harus makin ditabuh. Soalnya, keberadaan barang haram ini sudah sangat mengkhawatirkan. Di Batam Kepri, misalnya. Dalam beberapa waktu terakhir, cukup banyak kurir narkoba yang berhasil ditangkap. Dari tangan pelaku, beragam berat barang mematikan itu diamankan, mulai dari ukuran gram hingga puluhan kilogram.  

Puluhan Investor Masuk Batam

Batam diperkirakan akan mendapatkan "darah segar" dengan masuknya investasi sebesar Rp10 triliun dari total 70 perusahaan, pada Februari ini. Ini merupakan jumlah sangat besar. Tidak hanya besar dari nilai nomimal, tapi juga besar dari serapan tenaga kerja yang bisa mencapai angka ribuan. Sebuah kabar baik di tengah upaya memperbaiki kondisi ekonomi Batam yang sudah dimulai jelang akhir 2017 lalu.

Hukuman Tegas pada Pembuang Bayi

Kasus pembuangan bayi di Batam yang terjadi di sejumlah tempat pada bulan lalu telah membuka mata masyarakat, ternyata ada orang tua biologis yang tega membuang darah dagingnya sendiri. Yang lebih membuat pilu, ada bayi yang dibuang dalam kondisi tidak bernyawa.

100 Kegiatan Pariwisata di Kepri

Sebanyak 100 kegiatan pariwisata akan digelar di seluruh kota dan kabupaten di Provinsi Kepri selama 2018 ini. Kegiatan itu akan diselenggarakan oleh pihak pemerintah maupun swasta. Muaranya, untuk menarik kunjungan wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Mengembangkan Potensi UKM Batam

Saat kita mengalami krisis moneter pada 1997-1998 lalu, Usaha Kecil dan Menengan (UKM) menjadi sektor yang dapat bertahan di tengah badai ekonomi kala itu. Ketika usaha menengah apalagi usaha besar mengalami gonjangan yang sangat hebat, UKM tampil sebagai sektor yang dapat menopang putaran ekonomi. Kala itu, UKM dianggap jenis usaha yang "tahan" goncangan. UKM dianggap sebagai sektor yang dapat memberikan nilai lebih bagi ekonomi bangsa.

Optimisme Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen

Pergantian unsur pimpinan Badan Pengusahaan (BP) Batam jelang akhir tahun lalu, membawa perubahan besar terhadap Batam. Rasa optimis akan ada perubahan ke arah kebaikan, muncul. Tidak lama setelah serah terima jabatan, dicanangkannya pertumbuhan ekonomi Batam pada 2019 nanti harus bisa mencapai 7 persen.

Tahanan Rutan Karimun Positif Narkoba

Narkoba tidak hanya membius para penyalahgunanya, tapi juga membuai para pengedarnya. Lihatlah apa yang dilakukan JM. Meski berstatus sebagai narapidana dan tengah menjalani hukuman di Rumah Tahanan ( Rutan) kelas II B, Karimun, Kepri, tapi aktifitasnya sebagai pengedar masih tetap berlanjut. Lewat keahliannya, dia mampu memasukan narkoba dari balik jeruji besi.

Buruh Tuntut UMS Diberlakukan

Kamis 1 Februari kemarin, ribuan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) melakukan demo di Kantor Pemko Batam. Mereka menuntut agar Upah Minimum Sektoral (UMS) Batam tahun 2018, segera diberlakukan.  Sebab sektor galangan kapal, sektor industri dan tekstil, sudah memasuki bulan kedua namun belum ada tanda-tanda akan diberlakukan. Padahal secara berkeadilan, antara UMK dan UMS harus berbeda.