Rabu10182017

Last update05:00:00 AM

Back Rubrik

Semoga Batam Lebih Baik

Terjadinya suksesi di tubuh Badan Pengusahaan (BP) Batam, diharapkan banyak pihak mampu memberi angin segar bagi perkembangan perekonomian Batam dan Kepri. Diketahui, pimpinan BP Batam dan lima deputi, diganti dengan pimpinan yang baru. Hal itu disampaikan langsung oleh Menko Perekonomian, Darmin Nasution di Jakarta pada, Senin (16/10) malam.

Lagi, Kisruh Angkutan Umum di Batam

Masalah angkutan online di Batam kembali mencuat. Kemarin, Senin (16/10) sekitar pukul 11.00 WIB, sebuah sepeda motor dibakar oleh seorang pria di depan Kantor Gojek Batam di Ruko Grand Niaga Mas, Jl. Raja Isa, Belian, Batam Kota. Sepeda motor yang dibakar tersebut merupakan milik pelaku sendiri. Pelaku mengaku, aksi bakar motor itu adalah aksi spontan. Menurutnya, aksi itu sebagai bentuk protes terhadap Gojek yang kembali beroperasi.  

Budaya Daerah untuk Pariwisata Kepri

Di tengah perkembangan dunia saat ini, tidak sedikit dari masyarakat yang "ingin kembali" ke masa lalu. Mereka ingin "berada" kembali pada suasana dulu, seperti ketika ada kesenian tradisional reguler dipertunjukan di tengah masyarakat. Ada kuliner rakyat, ada pantun, ada busana tradisional, dan lainnya.

Pengutil di Swalayan

Aparat Polsek Bukit Bestari, Tanjungpinang, kemarin menangkap dua orang pengutil (pencuri) barang jualan di Swalayan Bintan Rezeki, kilometer 2.

Selamat HUT Karimun ke-18

Kamis 12 Oktober 2017, genap sudah 18 tahun usia Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri. Puncak peringatan ditandai dengan syukuran di Rumah Dinas Bupati Karimun, kemarin. Terlepas dari bagaimana suasana syukuran itu, pada kolom ini kita mengucapkan Selamat Ulang Tahun Kabupaten Karimun ke-18. Seiring itu kita juga menyampaikan tantangan kabupaten ini ke depan tidaklah semakin berkurang dan enteng.

Bayi di Buang Dalam Mobil

Miris. Sesosok bayi berumur sekitar seminggu itu dibuang orang tuanya di dalam mobil angkutan umum Bimbar, rute Batuaji, Batam, kemarin. Bayi malang tersebutdibungkus tiga lapis dalam kantong plastik.  

Pembangunan Rusunami

Keberadaan rumah liar (ruli) di Batam secara langsung memberi kesan yang kurang baik terhadap kota ini. Apalagi jika ruli-ruli tersebut berada di kawasan-kawasan utama kota. Tidak hanya itu, ruli juga kadang diidentikan dengan sejumlah masalah seperti narkoba dan pelaku kriminal. Dan ruli juga selalu dikaitkan dengan kondisi sosial dan estetika kota.

Peran Muslimah dalam Dakwah

Naning Wakhidya,  Aktivis LDK Ikatan Mahasiswa Muslim Politeknik Batam (IMMPB)

Dakwah berasal dari bahasa Arab, yang akar katanya adalah da’â – yad’û – da’watan yang berarti menyeru, memanggil, mengajak dan menjamu. Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an yang artinya: “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik , serta bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalanNya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. An Nahl : 125)

Memerangi Narkoba di Lingkungan Masyarakat

Tertangkapnya salah seorang oknum tenaga honorer Pemprov Kepri sedang nyabu di salah satu hotel di Tanjungpinang, akhir pekan lalu, telah memberi dampak tidak baik bagi pemerintahan. Sementara itu, dalam waktu bersamaan, sebanyak 50 pria dan tujuh wanita digelandang ke kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNN) Kepri dari Kampung Aceh, Muka Kuning, Kecamatan Sagulung. Mereka terjaring razia Operasi Bersinar yang digelar BNNP Kepri. Setelah dilakukan tes urine, semuanya positif narkoba.

Sengketa Perbatasan yang Belum Selesai

Oleh: Hasrul Sani Siregar, MA, Widyaiswara Ahli Madya BPSDM Provinsi Riau, Alumni IKMAS, UKM Malaysia


Pisahnya Timor Timur dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada 20 Mei 2002 dan membentuk negara yang bernama Timor Leste belum mengakhiri masalah yang selama ini muncul yaitu perbatasan ke-2 negara. Ketika Timor Timur masih menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) maupun sesudah Timor Timur pisah dan menjadi negara yang merdeka dan berdaulat persoalan sengketa wilayah masih menjadi kendala. Timor Leste (dulu bernama Timor-timur) merupakan suatu wilayah yang terus menjadi masalah bagi Indonesia khususnya menyangkut masalah Hak Asasi Manusia (HAM). Setelah pisah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), permasalahan bukannya selesai, namun masih meninggalkan persoalan yaitu sengketa perbatasan ke- 2 negara. Sengketa batas wilayah ke-2 negara tersebut berada di wilayah Noelbesi Citrana, Desa Netamnanu Utara, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Waspadai Bancana Alam

Di musim penghujan ini memberikan isyarat kepada kita bagaimana pentingnya mewaspadai semua gejala bencana alam. Saat ini selain banjir, kini yang terasa menonjol adalah angin kencang.

Memaknai HUT TNI

Sejumlah peralatan tempur TNI yang memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-72 membuat kita terkesima. Pemandangan itu menarik dan tidak biasa ada di Pelabuhan Indah Kita, Cilegon, Banten, Kamis (5/10).

Banjir Kepung Karimun

Hujan lebat sejak Rabu (4/10) dinihari hingga siang di wilayah Karimun menyebabkan banjir di sejumlah titik. Terparah terjadi di  kawasan Komplek Taman Anggrek, Gang Awang Noor dan Parit Lapis di Kecamatan Meral. Nyaris seluruh rumah di Komplek Taman Anggrek, Kelurahan Baran Timur direndam banjir. Ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa. Meski tidak ada korban jiwa, namun dilaporkan perabotan dan peralatan rumah tangga milik warga hanyut dibawa air.