Rabu03292017

Last update05:00:00 AM

Back Rubrik Opini

Opini

Demokrasi dan Gerakan Mahasiswa di Era Digital

Tak bisa dipungkiri, sejarah runtuhnya rezim otoriter yang memoles  di Indonesia adalah buah dari kerja keras dan ikhtiar dari gerakan mahasiswa yang mendorong lahirnya rezim yang lebih demokratis. Namun, seiring perjalanan waktu, kini gerakan mahasiswa mulai kelihangan arah.

Mahasiswa dan Kepekaan Sosial

Melihat realita yang ada, bahwa mahasiswa di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), khususnya di Batam sebagian besar kuliah pada kelas malam. Sehingga saat ke kampus, mereka hanya datang untuk masuk kelas yang dimulai sejak  pukul 17.00 WIB  hingga pukul 21.30 WIB setiap harinya. Belum lagi jadwal masuk yang cukup ketat, tentunya  berpengaruh terhadap nilai akhir setelah pelaksanaan ujian.

Langkah Kebijakan Trump

Saat mendengarkan Radio 1 Singapura beberapa waktu lalu, penulis mendengarkan bagaimana pembawa acara Glen Ong bertanya kepada rekannya Flying Dutchmen. Apakah Trump seorang ‘Alien?’ ujarnya kepada rekannya. Dengan nada rada ragu Flying Dutchmen mengatakan ‘Ya mungkin saja’.

Ketika Batam Bermimpi Jadi “Pulau Pintar”

Entah apa jadinya jika Batam hanya jadi penonton di tengah kemajuan teknologi dan komunikasi yang pesat saat ini. Singapura butuh waktu 30 tahun berbenah menjadi sebuah pulau dengan peradaban cukup maju.

Lingkungan Hidup, Limbah B3, dan Nasib Nelayan

Nelayan dipastikan korban pertama apabila terjadi pencemaran laut. Namun, pencemaran laut ini belum mendapat perhatian serius bahkan terkesan mengikis kehidupan nelayan. Pencemaran laut akibat limbah industri yang dibuang ke laut, baik limbah padat seperti kantong plastik plastik, kayu-kayu bekas, kaleng bekas, dan lain-lain tampak menyelimuti pesisir pantai dan kolong rumah nelayan.

Kekuatan ‘Terima Kasih’ dalam Politik Sosial Budaya

Hingar bingar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di sejumlah daerah kali ini sungguh banyak menyita perhatian kita dalam berbagai permasalahan. Bagaimana pun itulah dinamika perpolitikan di Indonesia. Yang kita pahami sebagai suatu proses pemahaman terhadap kedewasaan demokrasi sebenarnya.

Siapa Bilang Provinsi Pulau Tujuh Tidak Layak?

Wacana pembentukan provinsi pulau tujuh atau apapun namanya kembali menguat setelah silaturahim antara Pemkab Natuna dengan Anambas beberapa waktu lalu di Kabupaten Natuna. Namun, respon yang muncul di kalangan pejabat dan Dewan Provinsi sangat bertentangan dengan semangat yang muncul di akar rumpun.

Proxy War Narkoba Melalui Sektor Pariwisata

“Sebagai cross border, Kepri menjadi strategis untuk memberikan kontribusi yang signifikan dalam mencapai target kunjungan wisata”, kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya, pada pembukaan festival Bahari Kepri Oktober lalu di Tanjungpinang.

Narkoba Siluman Penghancur Bangsa

Julukan macan asia bagi Cina memang layak disandang. Terbukti saat ini Cina menjadi negara dengan kemajuan ekonomi paling pesat di dunia. Tapi siapa sangka, Cina pernah mengalami sejarah kelam sekitar satu setengah abad yang lalu, tepatnya pada tahun 1834-1842.

Memikirkan Kembali Pembukaan Tambang Pasir

Kita harus berani jujur bahwa ekploitasi tambang apapun jenisnya hanya memberikan manfaat perekonomian jangka pendek terhadap ekonomi, tetapi membuat persoalan atau permasalahan lingkungan yang relatif panjang.

Kesiapan Indonesia Menghadapi MEA

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 merupakan realisasi pasar bebas di Asia Tenggara yang telah dilakukan secara bertahap mulai KTT ASEAN di Singapura pada 1992. Tujuan dibentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) untuk meningkatkan stabilitas perekonomian di kawasan ASEAN, serta diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah di bidang ekonomi antar negara ASEAN.

Pemuda dan Kesadaran Bela Negara

Mengapa harus bela negara? Bukankah kita sudah merdeka puluhan tahun lamanya? Apa negara kita sedang dijajah atau bagaimana? Nah, mungkin pertanyaan itulah yang menyelinap dalam pikiran kita ketika membaca judul tulisan di atas.  

Berjuang Melawan Korupsi

Catatan Hari Anti Korupsi se-Dunia 9 Desember 2016

Pemerintahan yang bersih dari KKN adalah adalah salah satu point yang dikumandangkan sejalan dengan tuntutan reformasi hingga reformasi saat ini terwujud. Namun, delapan belas tahun reformasi berjalan, kita sepertinya belum puas dengan itikad memberantas korupsi. Kasus-kasus korupsi semakin melebar dan sayangnya pemberantasannya terkesan kompromistis dan cenderung tidak tegas. Nah, mari kita renungi upaya pemberantasan tindak pidana korupsi sempena peringatan Hari Anti Korupsi yang jatuh setiap 9 Desember dan terus berjuang melawan korupsi.