Rabu02222017

Last update05:00:00 AM

Back Rubrik Opini

Opini

Lingkungan Hidup, Limbah B3, dan Nasib Nelayan

Nelayan dipastikan korban pertama apabila terjadi pencemaran laut. Namun, pencemaran laut ini belum mendapat perhatian serius bahkan terkesan mengikis kehidupan nelayan. Pencemaran laut akibat limbah industri yang dibuang ke laut, baik limbah padat seperti kantong plastik plastik, kayu-kayu bekas, kaleng bekas, dan lain-lain tampak menyelimuti pesisir pantai dan kolong rumah nelayan.

Kekuatan ‘Terima Kasih’ dalam Politik Sosial Budaya

Hingar bingar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di sejumlah daerah kali ini sungguh banyak menyita perhatian kita dalam berbagai permasalahan. Bagaimana pun itulah dinamika perpolitikan di Indonesia. Yang kita pahami sebagai suatu proses pemahaman terhadap kedewasaan demokrasi sebenarnya.

Siapa Bilang Provinsi Pulau Tujuh Tidak Layak?

Wacana pembentukan provinsi pulau tujuh atau apapun namanya kembali menguat setelah silaturahim antara Pemkab Natuna dengan Anambas beberapa waktu lalu di Kabupaten Natuna. Namun, respon yang muncul di kalangan pejabat dan Dewan Provinsi sangat bertentangan dengan semangat yang muncul di akar rumpun.

Proxy War Narkoba Melalui Sektor Pariwisata

“Sebagai cross border, Kepri menjadi strategis untuk memberikan kontribusi yang signifikan dalam mencapai target kunjungan wisata”, kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya, pada pembukaan festival Bahari Kepri Oktober lalu di Tanjungpinang.

Narkoba Siluman Penghancur Bangsa

Julukan macan asia bagi Cina memang layak disandang. Terbukti saat ini Cina menjadi negara dengan kemajuan ekonomi paling pesat di dunia. Tapi siapa sangka, Cina pernah mengalami sejarah kelam sekitar satu setengah abad yang lalu, tepatnya pada tahun 1834-1842.

Memikirkan Kembali Pembukaan Tambang Pasir

Kita harus berani jujur bahwa ekploitasi tambang apapun jenisnya hanya memberikan manfaat perekonomian jangka pendek terhadap ekonomi, tetapi membuat persoalan atau permasalahan lingkungan yang relatif panjang.

Kesiapan Indonesia Menghadapi MEA

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 merupakan realisasi pasar bebas di Asia Tenggara yang telah dilakukan secara bertahap mulai KTT ASEAN di Singapura pada 1992. Tujuan dibentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) untuk meningkatkan stabilitas perekonomian di kawasan ASEAN, serta diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah di bidang ekonomi antar negara ASEAN.

Pemuda dan Kesadaran Bela Negara

Mengapa harus bela negara? Bukankah kita sudah merdeka puluhan tahun lamanya? Apa negara kita sedang dijajah atau bagaimana? Nah, mungkin pertanyaan itulah yang menyelinap dalam pikiran kita ketika membaca judul tulisan di atas.  

Berjuang Melawan Korupsi

Catatan Hari Anti Korupsi se-Dunia 9 Desember 2016

Pemerintahan yang bersih dari KKN adalah adalah salah satu point yang dikumandangkan sejalan dengan tuntutan reformasi hingga reformasi saat ini terwujud. Namun, delapan belas tahun reformasi berjalan, kita sepertinya belum puas dengan itikad memberantas korupsi. Kasus-kasus korupsi semakin melebar dan sayangnya pemberantasannya terkesan kompromistis dan cenderung tidak tegas. Nah, mari kita renungi upaya pemberantasan tindak pidana korupsi sempena peringatan Hari Anti Korupsi yang jatuh setiap 9 Desember dan terus berjuang melawan korupsi.

Selamatkan Pecandu Narkoba dengan Rehabilitasi

Berbicara tentang rehabilitasi bagi para penyalahguna narkoba (pecandu narkoba), saya jadi teringat dengan kisah sahabat lama saya. Sahabat saya itu memiliki dua orang adik yang kini terjebak dalam penyalahgunaan narkoba. Tapi, mereka menolak ketika akan dibawa untuk berobat atau mendapatkan upaya penyembuhan. Mereka merasa dapat mengatasi masalah untuk berhenti dengan sendirinya. Namun, kenyataannya sampai saat ini mereka masih mengonsumsi barang atau zat terlarang itu.

Jawaban atau Beban Kualitas Pendidikan

Moratorium Ujian Nasional

Moratorium Ujian Nasional (UN) sebuah jawaban atau beban bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia? Barangkali pertanyaan inilah yang muncul mengiringi wacana atau kebijakan pemerintah untuk menghentikan UN yang sudah berjalan selama ini. Kebijakan untuk keluar dari zona UN memang mendapat reaksi yang positif dan sekaligus negatif dari berbagai kalangan. Pasalnya, UN telah menjadi bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan secara nasional. Artinya, pelaksanaan pendidikan haruslah dievaluasi, diukur dan dinilai dengan standar nasional, bukan atas dasar standar lokal atau sekolah semata. Sebab tanpa standar, pendidikan akan berjalan sesuai selera sekolah atau penyelenggara.

Peringatan Hari AIDS Sedunia 2016

Laki-laki Epicentrum HIV

Para laki-laki pengusaha tempat hiburan malam di lokalisasi dan di manapun adalah mereka yang mengeksploitasi perempuan sedemikian rupa dalam industri seks dibalut perdagangan berbagai komoditas seperti bir, minuman keras lainnya, serta komoditas pendukung seperti kacang garuda, kentang goreng, dan lain-lain.

Radikalisme dan Reorientasi Studi Agama

Baru-baru ini kita dikejutkan kembali aksi radikalisme keagamaan yang merusak rumah ibadah di Samarinda. Tindakan radikal akan selalu muncul, terutama ketika situasi keagamaan, ekonomi, dan politik tidak kondusif. Seperti yang terjadi di Samarinda beberapa waktu lalu itu adalah contohnya.