Selasa07252017

Last update10:59:37 AM

Back Rubrik Opini

Opini

Pembelajaran Ekonomi Supaya Lebih Disenangi Anak Didik

Pembelajaran Ekonomi Supaya Lebih Disenangi Anak Didik

Oleh Dra Suryati
Guru Ekonomi SMAN 8 Batam

Sebelum membahas topik ini, terlebih dahulu perkenalkan nama saya Suryati guru ekonomi di SMAN 8 Batam. Seperti kita ketahui, bahwa pelajaran ekonomi dikalangan anak didik tidak sepopuler pelajaran matematika, fisika, biologi atau kimia. Tidak heran antusias anak didik untuk belajar mata pelajaran Ekonomi ini masih kurang. Apalagi  kurangnya keterampilan guru dalam mengembangkan pendekatan dan metode atau model pembelajaran, sehingga fokus pembelajaran hanya terpusat pada guru (teacher centered) dan kurangnya partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar.

Pusat Pengembangan SDM Masa Depan

Refleksi 15 Tahun STAI Natuna

Tanpa terasa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Natuna kini berusia 15 tahun. Tepatnya,  STAI Natuna didirikan pada 22 Juni 2002 lalu. Sebagai penggagas (saya) dan beberapa  tokoh lainnya, seperti, Drs. H. Raja Asnan (Al-Marhum), Ahmad Permadi Angka Wijaya (Al-Marhum),  Dra. Hj Ngesti Yuni Suprapti, Ismail Hamaz, H. Daeng Rusnadi serta sejumlah teman lainnya. Dari berbagai diskusi dan kajian, maka kami berpendapat bahwa tidak ada pilihan lain untuk memajukan Kabupaten Natuna yang baru dimekar menjadi kabupaten dari Kabupaten Kepulauan Riau, kecuali memajukan pendidikan sebagai pusat pengembangan dan perubahan. Maka, diskusi tersebut dimatangkan dengan membentuk Yayasan Abdi Umat sebagai wadah untuk menaungi lembaga pendidikan yang akan didirikan. Terbentuklah Yayasan Abdi Umat dengan badan pendiri untuk pertama kalinya; Ismail Hamaz, Dr. Agustin- Istrinya Ahmad Permadi Angkawijaya, Dra. Hj Ngesti Yuni Suprapti dan saya Umar Natuna di Notaris Abdul Rahman SH Tanjungpinang.

Menyelami Makna Iqra' pada Nuzul AlQur'an

Salim Saputra, M.Pd.I, Dosen STIT HidayatullahBatam

Bulan Ramadhan disebut juga dengan “Syahru al-Qur’an” karena al-Qur’an diturunkan di dalamnya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S. Al-Baqarah (2) ayat 185, “bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)....”
Lebih tepatnya lagi,al-Qur’an diturunkan pada malam kemuliaan atau “Lailah al-Qadar” di bulan Ramadhan,berdasarkan firman Allah SWT pada Q.S. Al-Qadar (97) ayat pertama: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al-Quran) pada malam kemuliaan.”Sedangkan malam kemuliaan itu ada di sepuluh malam terakhir pada buan Ramadhan. Sayyidah Aisyah r.a. berkata, "Rasulullah ber'itikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, dan beliau bersabda, “Carilah malam qadar pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (Shahih Bukhari)

Pemimpin dan Kepemimpinan Paripurna

William Hendri, SH, MH, Wakil Sekretaris Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) ORDA Kota Tanjungpinang

Substansi pemimpin paripurna pada dasarnya termanifestasikan pada kepemimpinan para nabi. Kepemimpinan yang secara umum benar-benar memahami suara dan kehendak rakyat. Disamping membawa risalah, tipikal kepemimpinannya bersifat merakyat dan tidak elitis.

Menunggu Revolusi Industri ke-4 Batam

DR. Eng. Ansarullah Lawi, Dosen dan Kaprodi Teknik Industri Universitas Universal, Batam

Sadar atau tidak sadar, kita saat ini telah berada pada era Revolusi Industri ke-4. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai peluang Kota Batam di era ini, pastinya muncul beberapa pertanyaan bagi yang belum awam tentang istilah ini, diantaranya; Apakah yang dimaksud dengan Revolusi Industri? Ada apa saja di generasinya yang ke-4? Apa tantangannya? dan Bagaimana peluang Batam di era ini?

Revitalisasi Peran Perpustakaan

Refleksi Hari Buku Nasional

Persoalan budaya baca di kalangan masyarakat kita masih cukup  rendah . Dalam rilis  UNESCO yang di keluarkan pada tahun 2012 lalu dimana indeks minat baca masyarakat Indonesia baru mencapai 0,001 persen. Dalam artian, dalam setiap 1000 orang Indonesia hanya satu orang yang memiliki minat baca. Sedangkan indeks minta baca di Negara-negara maju yakni 1;45. Sementara UNDP merilis angka melek huruf orang dewasa di Indonesia hanya 65,5 persen.

Menjinakan Malware Ransomware Wannacryp

Masyarakat Indonesia bahkan dunia dikagetkan dengan munculnya Serangan malware yang disebut Ransomware Wannacryp. Banyak pengguna system yang merasa was-was dengan serangan tersebut karena dapat melumpuhkan system yang ada diperusahaan atau di instasi tempatnya bekerja.

BP Batam dan/atau Pemko BATAM

Sejak diterbitkannya Undang-Undang Nomor 53 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kota Batam, wacana perdebatan atas keberadaan BP Batam atau Pemko Batam berlangsung. Jika dahulu pada awalnya yang lebih berkembang adalah wacana keberadaan Pemko dalam konteks Daerah Industri Batam adalah kekeliruan, selanjutnya berkembang wacana sebaliknya bahwa BP Batam harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan Otonomi Daerah.

Mencari Pasangan untuk Lis-Syahrul

Meski masih setahunan lagi, namun gegeran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Tanjungpinang kian bergemuruh. Beberapa calon sudah mulai bermunculan untuk memperkenalkan diri baik memperkenalkan profil maupun gagasan-gagasannya untuk membangun ibu kota Kepri itu.

Mendudukan Kembali Arah Pembangunan Natuna

Pembangunan Natuna kembali berada dipersimpangan jalan. Pembangunan yang berbasis pada keimanan dan budaya tempatan, tampaknya akan kehilangan orientasi dan implementasinya. Kini tengah dimunculkan wacana pembangunan Natuna berbasis nilai-nilai hedonistiK dan materialisme. Hal ini setidaknya tercermin dengan dibuka kembali wacana untuk melegalkan masyarakat (Pekat).

Membumikan Budaya Gemar Membaca

Catatan kecil menyambut Hari Buku Internasional

Adalah menarik mengaitkan Hari Buku Internasional tanggal 23 April 2017 ini dengan upaya membangun kultur atau budaya gemar membaca di Indonesia. Hal ini karena membaca aktivitas yang paling urgen untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang cerdas dan berilmu pengetahuan.

Membaca Pilihan Warga Jakarta

Setelah debat final Pilkada Jakarta putaran kedua (12/4) Ahok-Djarot dan Anies – Sandi, masyarakat Jakarta tinggal menunggu waktu dan takdir kemenangan dari salah satu pasangan itu. Siapa yang akan memimpin Jakarta lima tahun mendatang. Menarik juga untuk memprediksi dan membaca pilihan warga Jakarta pada, Rabu ini (19/4). Apakah Ahok – Djarot atau Anies – Sandi yang diamanahkan untuk memimpin Jakarta.

Hilangnya Roh UN

Hilangnya roh Ujian Nasional (UN) di saat UN bukan lagi satu-satunya menjadi penentu kelulusan. Saat ini UN telah didepan mata para siswa SMK atau SMA, SMP dan SD. Untuk siswa SMK UN telah di mulai pada tanggal 3 April 2017 secara Nasional. Kemudian satu minggu setelahnya, yaitu pada tanggal 10 April 2017 akan dilanjutkan oleh siswa SMA secara Nasional. Sedangkan untuk siswa SMP akan dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2017. Akhirnya pada beberapa minggu kemudian akan ditutup oleh siswa SD secara nasional.