Kamis11232017

Last update05:00:00 AM

Back Rubrik Police Corner Personil Ditkrimsus Berjanji Tidak KKN

Personil Ditkrimsus Berjanji Tidak KKN

Mencegah terjadinya praktik korupsi, kolusi dan nepotisme dalam penegakan hukum, khususnya dijajaran Polda Kepri, Ditkrimsus Polda Kepri mewujudkannya dengan melakukan penandatanganan pakta integritas, Minggu (26/4) bertempat di kawasan Palm Spring, Nongsa, Batam.  Penandatanganan PI Disaksikan Isteri dan Anak

BATAM (HK)- Segenap personil jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Kepri, Minggu (26/4), menandatangani pakta integritas (PI), terkait  pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela dalam perkara yang ditangani. Penandatanganan tersebut diwakili Kasubdit I, II, III dan IV Ditkrimsus Polda Kepri.

Penandatanganan dilakukan di kawasan Palm Spring, Kecamatan Nongsa, Batam. Menariknya penandatanganan tersebut turut disaksikan oleh anak dan istri para personil Ditkrimsus Polda Kepri.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Kepri, Kombes Pol Syahar Diantono menyampaikan, penandatangan pakta integritas merupakan kewajiban dan merupakan tindak lanjut dari instruksi yang telah disampaikan oleh Mabes Polri.

Kata Syahar, sewaktu di Mabes Polri, seluruh Dirkrimsus dari seluruh Polda di Indonesia sudah menandatangani pakta integritas, kali ini diimplementasikan lagi kepada para bawahan. Dan untuk jajaran Polda Kepri, penandatanganan disaksikan oleh seluruh istri dan anak-anak.

"Supaya pelaksanaan tugas tidak ada perbedaan persepsi, sehingga istri dan anak-anak mengetahui tugas yang diemban suaminya, makanya acara ini dikemas dalam bentuk kegiatan Ghatering Famili agar tidak terkesan tengang," kata Syahar.

Syahar mengatakan, acara penandatanganan pakta integritas juga termasuk program reformasi mental ditubuh kepolisian dan jajaran Ditkrimsus pada khususnya. "Cukup banyak kasus-kasus yang ditangani secara khusus seperti korupsi, penyelundupan BBM, masalah pertanahan. Untuk itu sangat diperlukan kejujuran, Kekompakan dan transparansi dalam penyelesaian kasus agar personil tidak mudah diimingi hadiah oleh pelaku yang bermasalah dengan hukum," terang Syahar.

Diantara isi pakta integritas itu, kata Syahar, pertama; berperan secara pro aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela. Kedua, tidak meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan, atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Ketiga, bersikap transparan, jujur, objektif dan akuntabel dalam pelaksanaan tugas. Keempat, menghindari pertentangan kepentingan (conflic of interest) dalam pelaksanaan tugas. Kelima melaksanakan tugas pokok, fungsi dan peranan selaku personil Ditkrimsus polda kepri dengan penuh keikhlasan dan rasa tangungjawab,

Keenam, pimpinan harus memberi contoh dalam kepatuhan terhadap aturan UU dalam pelaksanaan tugas terutama kepada bawahan. Ketujuh, menyampaikan informasi penyimpangan integritas pada Dirkrimsus Polda Kepri serta turut menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan yang dilaporkan. Dan terakhir, jika personil melanggar hal-hal tersebut harus siap menghadapi konsekuensinya," terang Syahar.

Sementara itu, Wadir Krimsus Polda Kepri, AKBP Helmi Kwarta menyampaikan, dengan adanya penandatanganan Pakta integritas ini, Ia berharap seluruh personil mematuhi dan menjalankan tugas sesuai UU Kepolisan, dimana tujuannya, yakni membentuk anggota yang profesional dalam  penanganan kasus sehingga tidak mudah terjadi KKN.

Begitu juga bagi anak dan istri atau para Bhayangkari, agar selalu mensupport suami saat bertugas, terutama dalam menangani perkara-perkara yang menjadi atensi masyarakat  penyelesaiannya.

"Kami perharap personil menangani perkara secara profesional dan transparan dan untuk keluarga agar mensupport suami dalam melaksanakan tugas," harap Helmi.

Acara penandatanganan pakta integritas ini, sekaligus ajang silaturahmi sesama keluarga besar Ditkrimsus. Dalam kegiatan tersbeut juga dilakukan bagi-bagi hadiah doorprize berupa TV serta pembagian tabungan siswa bagi anak-anak. Sedangkan bagi penyidik yang berprestasi diberikan laptop, demi mempermudah pengerjaannya dan terakhir bagi penyidik yang bertugas dilapangan diberikan bantuan 2 unit sepeda motor. (par)

Share