Jumat09222017

Last update05:00:00 AM

Back Rubrik Tajuk Narkoba Tidak akan Pernah Beri Bahagia

Narkoba Tidak akan Pernah Beri Bahagia

Penyalahguna narkoba tampaknya tidak pernah sepi dari pemberitaan di media massa. Para pemakai itu berasal dari berbagai profesi dan elemen masyarakat. Mereka pun tersebar di hampir semua daerah. Secara kasat mata, kuantitas mereka ini bukannya berkurang, namun ditengarai mengalami trend peningkatan. Hal ini menjadi keprihatinan banyak masyarakat. Ketika instansi terkait berupaya meminimalkan peredaran narkoba, ternyata di sisi lain, penyalahguna ini makin terbuai dengan barang haram itu.
Sudah banyak imbauan, iklan sosial, sosialisasi, teguran, bahkan hukuman tegas terhadap penyalahguna dan pengedar narkoba dilakukan, tapi, hal itu tidak membuat jera yang lain. Malah penyalahguna, pengedar, dan bandar kian meluaskan usaha untuk memasarkan barang mematikan itu di tengah masyarakat. Hal ini tentunya perlu disikapi dengan tegas.

Narkoba seperti yang sering disampaikan baik secara lisan maupun tulisan, merupakan barang mematikan. Sekali saja seseorang mencobanya, alamat akan ketagihan. Ketika candunya sudah masuk ke tubuh, apapun akan dilakukan oleh si penyalahguna untuk memenuhi tuntutan dari dalam tubuhnya. Saat itu si penyalahguna sudah kehilangan akal sehat. Jika ada orang mengatakan narkoba akan membuat bahagia, itu hanya rayuan semata. Jangankan bahagia, kondisi sebaliknya akan terjadi. Ujungnya akan menjadi sebuah tragedi.

Melihat kondisi yang tidak baik itu, rasanya tidak salah jika perlu dilakukan berbagai cara yang diharapkan mampu menggugah sekaligus melindungi anak-anak bangsa untuk tidak tergiur mencoba narkoba. Salah satunya menampilkan secara gamblang bagaimana sakitnya para penyalahguna terjerumus dan keluar dari lingkaran narkoba. Atau, bisa juga ditampilkan bagaimana tegasnya hukuman terhadap para pengedar dan bandar. Atau lainnya. Sebab selama ini, segala upaya persuasif sudah banyak dilakukan oleh berbagai pihak, tapi, sepertinya tidak membuat mereka takut.

Sekarang narkoba sudah menjadi musuh yang paling nyata dan berbahaya. Keberadaannya begitu menakutkan dan siap menjadikan siapa saja menjadi korbannya. Langkah-langkah yang ekstrim sudah perlu dilakukan untuk memberikan efek yang lebih besar bagi seluruh masyarakat. Rasanya sangat tidak adil, anak bangsa yang sudah dididik dengan baik, tiba-tiba bisa tenggelam oleh narkoba. Ini sangat tidak diinginkan. Karena itu, untuk meminimalkan narkoba, semua harus bertindak. Jangan sampai ada celah kecil barang haram itu ada di tengah-tengah masyarakat. ***

Share