Jumat11242017

Last update05:00:00 AM

Back Rubrik Tajuk Kebijakan untuk Alternatif Ekonomi Batam

Kebijakan untuk Alternatif Ekonomi Batam

Industri galangan kapal di Batam memang tengah meredup. Sebuah fakta yang tidak bisa disangkal. Hal itu dapat dilihat dari sepinya order, banyaknya karyawan yang dirumahkan. Dan (bahkan) ada galangan kapal yang tutup. Hal ini terjadi akibat situasi global, dimana kondisi minyak dan gas dunia mengalami penurunan. Selain migas yang sedang merosot, permintaan batubara juga menurun, sementara diketahui produksi tongkang sejalan dengan permintaan batubara.
Akibat kondisi itu, ekonomi Batam menjadi "korban" pertama. Dapat dilihat, banyak warga yang "terpaksa" pindah, daya beli menurun, dan banyak properti yang dijual atau disewakan. Dari berbagai diskusi yang dilakukan selama ini, ekonomi Batam memang banyak ditopang oleh industri perkapalan. Ribuan bahkan puluhan ribu tenaga kerja diserap oleh sektor industri ini. Sekarang, ketika industri ini mengalami kelesuan, para pekerjanya terpaksa "dirumahkan". Alhasil, kini banyak yang belum memperoleh pekerjaan. Dari diskusi yang digelar, ada satu kesimpulan yang dapat diambil yakni perlu dicarikan sektor lain yang dapat mengangkat ekonomi Batam. Ada yang mengusulkan pariwisata, perdagangan, dan UKM.

Melihat fakta yang terjadi kini, memang diperlukan alternatif yang konkret. Konkret dalam arti, ada sektor yang benar-benar dapat menampung banyak tenaga kerja ditambah ada kebijakan yang betul-betul mengakomodir sektor alternatif tersebut.

Ada yang menyebut jika pariwisata Batam sangat bisa dijual. Namun, yang menjadi pertanyaan, pariwisata Batam yang seperti apa yang dapat dijual? Sementara agenda wisata saja belum begitu tampak dan membumi di kalangan masyarakat Batam. Lalu, ada sektor manufaktur. Sektor ini dinilai cukup menjanjikan. Namun, seberapa besar dukungan kebijakan untuk sektor ini.

Situasi yang kurang baik sekarang diharapkan benar-benar menjadi pelajaran berharga. Ternyata untuk pertumbuhan ekonomi tidak bisa mengandalkan satu sektor saja, tapi berbagai sektor meski diperlakukan adil.

Ekonomi Batam sangat mungkin untuk segera kembali ke jalurnya. Tinggal adanya kebijakan yang berpihak pada seluruh sektor yang selama ini telah tumbuh. Disamping itu, tidak hanya kebijakan, pengawasan terhadap kebijakan yang dibuat juga mutlak dilakukan agar praktiknya di lapangan sesuai dengan yang diharapkan. ***

Share