Jumat09222017

Last update05:00:00 AM

Back Rubrik Tajuk Waspada Produk yang Kadaluarsa

Waspada Produk yang Kadaluarsa

Waspada Produk yang Kadaluarsa

Tak dapat dipungkiri, Batam dan Kepri sudah "dibanjiri" produk-produk dari luar daerah termasuk yang berasal dari luar negeri. Produk tersebut mulai dari garmen, produk kecantikan, sampai makanan.  Sebagian besar produk-produk tersebut ditawarkan di pusat-pusat perbelanjaan. Namun, sayangnya, dari banyak produk tersebut, khususnya kosmetik dan makanan, masih ada juga ditemukan produk-produk yang tergolong kadaluarsa dan yang sudah melewati masa edar. Hal ini dibuktikan dari razia yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kepri. Diketahui, sejak beberapa hari terakhir, BPOM Kepri gencar melakukan razia di sejumlah gudang penyimpanan makanan kemasan dan kosmetik. Dan baru-baru ini, petugas BPOM Kepri bersama aparat penegak hukum lainnya melakukan operasi gabungan, dan berhasil mengungkap perdagangan produk kosmetik ilegal di Kelurahan Tanjung Unggat, Tanjungpinang.


Sebelumnya, BPOM Kepri juga telah mengamankan sejumlah produk kosmetika dan makanan ringan di Tanjungpinang. Produk-produk tersebut dimusnahkan karena dinyatakan sudah tidak layak edar dan sangat membahayakan kesehatan jika dipakai dan dikonsumsi. Produk  tersebut berasal dari Malaysia dan China.

Melihat begitu banyaknya produk kemasan yang ditawarkan, perlu ada sikap waspada dari masyarakat sebagai konsumen. Sebab, dalam praktik di lapangan, bukan tidak mungkin ada oknum-oknum yang dengan sengaja menyisipkan produk-produk yang tak layak edar diantara barang-barang yang mereka masukan ke supermarket atau swalayan. Untuk menggaet pembeli, mereka pun menawarkan dengan harga yang lebih rendah dari harga yang ditawarkan tempat lain. Meskipun lebih murah dari tempat lainnya, hal ini jelas sangat merugikan masyarakat.

Karena itu, selaku konsumen, masyarakat diharapkan selalu mengedepankan kewaspadaan terhadap produk-produk yang ditawarkan dengan harga murah tersebut. Selain itu, saat membeli barang-barang kemasan dalam jumlah banyak, diminta juga untuk selalu melihat kode produk dan masa layak konsumsi barang-barang yang akan dibeli.

Untuk menghindari kerugian yang besar, sikap kehatian-hatian sangat perlu dikedepankan. Memang, ada lembaga resmi yang melakukan pemantauan dan razia terhadap produk-produk tak layak edar, tapi sikap waspada masyarakat harus yang pertama dikedepankan. Langkah yang dilakukan BPOM Kepri dalam melakukan razia sudah sangat membantu masyarakat terhindar dari produk-produk kadaluarsa tersebut. Namun, langkah awal tetap dari konsumen. Jangan mudah tergiur dengan harga rendah tapi bisa membahayakan kesehatan. Jika dijumpai produk-produk seperti ini, langkah bijak segera melapor ke instansi yang berkompeten. ***


 

Share