Jumat09222017

Last update05:00:00 AM

Back Rubrik Tajuk Mewaspadai Perubahan Cuaca

Mewaspadai Perubahan Cuaca

Sejak beberapa waktu terakhir, Batam dilanda hujan deras dan angin kencang. Kondisi seperti itu terjadi bisa saja pagi hari, siang, maupun malam hari. Hal ini secara langsung membawa dampak terhadap aktifitas masyarakat yang berada di sekitar pesisir Batam dan Kepri. Lihat saja seperti di perairan Sagulung, Batam. Boat pancung yang melayani penumpang antarpulau di Pelabuhan Sagulung bahkan sempat tak beroperasi. Aktivitas pelayaran akan baru dilakukan jika cuaca kembali normal.
Kondisi cuaca yang tak bersahabat itu diakui masyarakat tidak terjadi setiap waktu. Menurut mereka, gelombang dan angin kencang terjadi di saat hari hujan. Kondisi seperti saat sekarang, menurut masyarakat dikarenakan lagi musim Selatan. Diketahui, musim angin Selatan merupakan musim gelombang yang rutin terjadi setiap tahun. Dampaknya, tidak saja menghambat aktifitas para penambang pompong, tapi juga nelayan. Dalam situasi seperti itu, nelayan tidak mau melaut mengingat risiko yang dihadapi sangat besar.

Melihat cuaca yang bisa berubah setiap waktu saat ini, tentu diharapkan menjadi perhatian serius bagi mereka yang sebagian besar aktifitasnya di daerah perairan. Soalnya, hujan deras yang kerap datang tiba-tiba, ditambah angin yang bertiup kencang, tentu membawa resiko yang besar.

Waktu-waktu sebelumnya, seperti situasi sekarang, sudah sering terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ini tentu tidak diinginkan terjadi lagi. Bahkan masyarakat di daerah pesisir sudah paham dan mengerti tipikal cuaca yang terjadi. Jika tidak memungkin untuk berlayar, maka, mereka lebih baik menambatkan kapal.

Langkah bijak terhadap kondisi saat ini tentu mengedepankan sikap waspada dan hati-hati. Diakui, sebagai wilayah perairan, sebagian aktifitas masyarakat di Batam dan Kepri berada di perairan, apakah untuk menangkap ikan maupun membawa penumpang. Selama ini telah ditekankan oleh banyak pihak, seluruh angkutan perairan di Kepri diwajibkan untuk menyediakan life jacket guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Semua tentu sangat berharap, situasi cuaca seperti saat ini hendaknya sangat diwaspadai. Kalau memang tidak layak untuk berlayar, jangan dipaksakan. Lebih baik memastikan cuaca benar-benar bagus, sehingga pelayaran yang dilakukan bisa nyaman. Masih belum lepas dari ingatan dengan sejumlah peristiwa kecelakaan yang terjadi di perairan di Batam dan Kepri. Dalam peristiwa itu, tidak hanya korban harta, namun juga ada korban jiwa. Sekali lagi, semoga peristiwa seperti itu tidak terulang lagi. Untuk itu, kewaspadaan dan hati-hati harus dikedepankan ketika cuaca yang kerap berubah seperti saat ini. ***

Share