Jumat11242017

Last update05:00:00 AM

Back Rubrik Tajuk Apakah Pemadaman Bergilir Menjadi Solusi?

Apakah Pemadaman Bergilir Menjadi Solusi?

Saat ini Bright PLN Batam telah mengeluarkan kebijakan melakukan pemadaman bergilir listrik di wilayah Batam dan sekitarnya. Hal ini "terpaksa" dilakukan dengan tujuan untuk menghemat daya dan biaya operasional produksi. Menurut Bright PLN Batam, pemadaman listrik secara bergilir itu merupakan pilihan sulit. Kalau dibiarkan terus, operasional perusahaan listrik ini semakin susah.
Sebelumnya, pemadaman bergilir ini ada satu kali dalam satu hari. Namun, sejak dua hari belakangan, di sejumlah wilayah di Batam, pemadaman sudah sampai dua kali sehari. Yang membuat masyarakat bertanya-tanya, sampai kapan kondisi seperti ini terus terjadi? Ketika hal ini ditanyakan, manajemen Bright PLN Batam media sejumlah media di Batam tidak bisa memberikan kepastian waktu, kapan listrik di Batam kembali normal. Sebab, hal itu erat kaitannya dengan kebijakan dari Gubernur Kepri. Sampai sekarang, PLN Batam masih menunggu kepastian implementasi Peraturan Gubernur Nomor 21 tahun 2017.

Bicara tentang listrik, jelas menjadi salah satu kebutuhan mendasar masyarakat sekarang ini. Tanpa listrik, banyak aktifitas masyarakat menjadi terganggu. Lihat saja, dengan adanya dua kali pemadaman satu hari dengan durasi dua sampai tiga jam, jelas memberikan efek yang tidak baik terhadap aktifitas terutama pada putaran ekonomi masyarakat. Diketahui, kini dengan kondisi ekonomi yang sudah melemah, ditambah lagi listrik yang byar pet setiap hari, makin membuat situasi tidak baik. Tidak hanya itu, sekarang juga sudah ada masyarakat yang komplain karena alat eletronik di rumahnya  rusak akibat listrik yang padam tiba-tiba.

Untuk memberikan kejelasan yang sejelas-jelasnya, tidak ada salahnya jika pihak PLN Batam melakukan sejumlah hal. Salah satunya menyampaikan secara terbuka kondisi perusahaan saat ini. Selama ini ada pemikiran di tengah masyarakat, rasanya tidak logis jika PLN Batam mengalami kerugian seperti yang kerap disampaikan. Soalnya, PLN Batam merupakan satu-satunya perusahaan listrik di Batam. Lalu, kerugian seperti apa yang dialami PLN Batam saat ini. Sampaikan secara terbuka, ringkas, dan jelas. Apakah melalui media massa, media sosial, dan lainnya. Harapannya, biar semua jelas dan tidak ada keraguan di tengah masyarakat.

Kini dengan dilakukannya pemadaman bergilir, sepertinya bukan solusi yang tepat juga. Ini dinilai akan mendatangkan masalah baru yang lebih besar. Jadi, agar semua transparan, publikasi secara masif bisa dilakukan.***

Share