Rabu10182017

Last update05:00:00 AM

Back Rubrik Tajuk Pembangunan Rusunami

Pembangunan Rusunami

Keberadaan rumah liar (ruli) di Batam secara langsung memberi kesan yang kurang baik terhadap kota ini. Apalagi jika ruli-ruli tersebut berada di kawasan-kawasan utama kota. Tidak hanya itu, ruli juga kadang diidentikan dengan sejumlah masalah seperti narkoba dan pelaku kriminal. Dan ruli juga selalu dikaitkan dengan kondisi sosial dan estetika kota.
Untuk mengurai persoalan ini, Pemerintah Kota Batam merencanakan dibuatnya rumah susun sederhana milik (rusunami). Program ini merupakan salah satu solusi dalam penataan penghuni ruli yang akan dimulai 2018 mendatang.

Program ini merupakan salah satu langkah positif dalam menata kota, mengurai masalah sosial, serta dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Berdasarkan data terakhir yang diperoleh Disperakimtan Kota Batam, saat ini terdapat 21.841 penghuni ruli yang valid, dan masih ada 9.027 yang masih divalidasi pihak kecamatan. Diharapkan akhir tahun ini data yang valid sudah ada. Dengan begitu bisa diketahui berapa jumlah rusunami yang akan dibangun.

Untuk melakukan pendataan para penghuni ruli, diharapkan benar-benar komprehensif dan tertata. Dalam bahasa sederhana, jangan ada lagi gusur di lokasi A pindah ke lokasi B. Pembangunan rusunami ini diharapkan benar-benar membantu penataan penghuni ruli ini.

Melihat terbatasnya lahan di Batam, rusunami merupakan hunian yang pantas untuk dibangun. Ditambah lagi, dalam mengkoordinir para penghuninya juga lebih mudah. Dalam praktiknya nanti, keberadaan rusunami memang bisa memberi solusi pada masyarakat khususnya penghuni ruli saat ini, untuk mendapatkan hunian yang layak dan nyaman.

Untuk itu, rusunami harus ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Jangan pula, ketika ditawarkan, harga yang ditetapkan melebihi harga rumah utuh. Diharapkan ini jangan sampai terjadi. Rusunami diharapkan lebih murah dan terjangkau.

Wacana pembangunan hunian ini diharapkan benar-benar terwujud. Apalagi pihak-pihak berkompeten seperti pengusaha dan perbankan telah menyatakannya dukungannya. Sekarang tinggal menindaklanjuti pembicaraan yang telah dilakukan. Dengan adanya program ini, Batam bisa lebih tertata dan makin menarik bagi para investor dan wisatawan.***

Share