Rabu10182017

Last update05:00:00 AM

Back Tanjungpinang Batam dan Tanjungpinang Deflasi 0,04 Persen

Batam dan Tanjungpinang Deflasi 0,04 Persen

TANJUNGPINANG (HK)- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepri merilis Indeks Harga Konsumen (IHK) dua kota di Provinsi Kepri, yakni Batam dan Tanjungpinang menunjukkan angka deflasi 0,04 persen.
Indeks Harga Konsumen(IHK) dua kota tersebut mencapai 129,34 atau jika dipersentasekan sekitar 0,04 persen. Dimana tercatat, untuk Kota Batam mengalami deflasi sebesar 0,12 persen dan kota Tanjungpinang mengalami inflasi sebesar 1,14 persen dan 0,41 persen.

"Deflasi ini disebabkan penurunan indeks dua kelompok penyusun IHK yakni kelompok sandang sebesar 0,24 persen dan transportasi dan komunikasi serta jasa keuangan sebesar 1,84 persen," ujar Kepala BPS Provinsi Kepri, Panusunan Siregar di Tanjungpinang, baru-baru ini.

Sementara untuk empat komponen penyusun lainnya, lanjut Panusunan  mengalami kenaikan seperti kelompok bahan makanan sebesar 0,65 persen, kelompok makanan jadi sebesar 0,12 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,06 persen dan kelompok pendidikan, reksreasi dan olahraga sebesar 2,91 persen.

"Dan untuk kelompok perumahan,air, listrik dan bahan bakar tidak mengalami peubahan indeks harga," tegas Panusunan.

Untuk komuditas yang mengalami penurunan, Panusunan menjelaskan untuk kota Batam seperti angkutan udara, kacang panjang, cabe merah, bawang putih, bayam, perhiasan emas, gula pasir, anggur,ketimun hingga daging ayam kampung.

"Sedangkan komoditi di kota Tanjungpinang yang mengalami kenaikan seperti selar, tarif sekolah SD,TK,SMP,perguruan tinggi daging ayam,rokok, ikan kembung, bawang merah dan kangkung," kata Panusunan.

Panusunan juga menyampaikan, bahwa jika dilihat inflasi tahun kalender yakni perbandingan IHK pada Juli 2017 dengan desember 2016 sebesar 1,99 persen. (efr)

Share