Minggu04222018

Last update05:00:00 AM

Back Tanjungpinang Lis: Gampang Tapi Sulit

Lis: Gampang Tapi Sulit

tpi tiga paslon tes kesehatanTiga Paslon Jalani Tes Kejiwaan

TANJUNGPINANG (HK)  - Tiga Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang menjalani pemeriksaan kesehatan secara bertahap selama tiga hari dan dihari pertama dilakukan tes kejiwaan dan psikologi di RSUD Raja Ahmad Thabib Kota Tanjungpinang, Jumat (12/1). Tes ini, salah satu poin menentukan lolos tidaknya pasangan itu dalam tahapan selanjutnya.

Pantauan Haluan Kepri diruang pemeriksaan lantai empat rumah sakit tersebut, terlihat tiga bakal calon Walikota Tanjungpinang yakni Lis Darmansyah, Syahrul dan Edi Syafrani berjalan bersamaan keluar ruangan. Ketiga terlihat akrab dan tidak terlihat muka tegang setelah mengikuti tes pertama yang dilakukan tim pemeriksa.

"Alhamdulillah semua lancar, dan tidak ada yang 'berkelahi' didalam sana," candaan Lis membuka wawancara kepada awak media.

Dalam tes awal tersebut, dikatakan Lis menjawab soal yang diberikan oleh tim. Selain itu, dirinya juga diminta menggambar dan untuk menjawab soal sebanyak ratusan itu diberikan waktu.

"Kalau dibilang sulit ya gampang, tapi dibilang gampang ya sulit juga. Namanya juga ini tes psikologi, yang dilihat kestabilan jiwa kita dalam menghadapi sesuatu," ungkap Lis yang juga menyampaikan bahwa dibandingkan tes kesehatan pencalonan sebelumnya, tes sekarang ini lebih banyak lagi.

Ditempat yang sama, Syahrul juga mengucapkan syukur dalam menyelesaikan tahapan tes awal tersebut. Syahrul mengingat, soal yang diberikan lebih dari 500 pertanyaan. "Inikan baru tes tertulis aja. Alhamdulilah selesai semua. Kalau persiapan, saya mempersiapkan pemeriksaan fisik aja," katanya.

Selain itu, Edy Safrani juga mengatakan, semua soal-soal tersebut dijawabnya sesuai dengan nalurinya saja. Bahkan tes-tes seperti itu juga sudah sering dirinya ikuti.

"Dalam soal itu tidak mencari benar ataupun salah, cuman dari menjawab soalan bisa dilihat kepribadian tiap-tiap calon," ujarnya.

Wakil Tim Pemeriksa Kesehatan Paslon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang, dr Sunarto mengatakan  pemeriksaan berlangsung dari pukul 07.00 Wib hingga 11.30 Wib yang diikuti semua kandidat. Paslon Lis Darmansyah dan Maya Suryanti, kemudian Syahrul dan Rahma serta Edi Safrani dan Edi Susanto.

"Untuk periode tahun ini, dalam pemeriksaan kesehatan calon tidak hanya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sendiri seperti tahun-tahun seblumnya. Dalam peraturan KPU baru, bergabung IDI mengandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI)," ungkapnya.

Pada tahap awal ini, tiga paslon tersebut menjalani tes tertulis dan wawancara kejiwaan dengan melibatkan Psikologi. Untuk memastikan kerohanian dan jasmani sebagai syarat pencalonan sebagai bakal pasangan calon.

"Untuk tadi tes yang dijalani tentang kejiwaan dan tentang emosi, tantang hubungan antar manusia. bagimana dia bisa bersosialisasi, bisa berinteraksi, lebih banyak seperti itu. Untuk besok ada tes narkoba oleh BNN dan tes kesehatan secara fisik. Tes-nya pemeriksaan jantung, EKG, treatmel dan rontgen paru-paru dan lainnya," jelasnya.

Kemudian, lanjut Suarnto, pada Minggu (14/1) nanti kita akan rapat pleno terkait hasil tes seluruhnya. Dan dihadiri seluruh tim pemeriksa sebanyak 38 orang, yakni pasikolog ada 8 orang, dari BNN ada 6 orang dan 24 dokter.

"Kemudian pada hari Senin, (15/1) kami memberikan hasil pemeriksaan terhadap ketiga paslon tersebut ke KPU Kota Tanjungpinang," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria menyampaikan dari pembukaan hingga penutupan pendafataran hanya tiga paslon yang mendaftar ke KPU. Di hari pertama, Koalisi Partai Golkar dan Gerindra mendaftarkan paslon Syahrul dan Rahma.

Kemudian, lanjut Robby di hari terakhir atau ketiga ini, ada dua paslon yang mendaftar. Di pagi hari, paslon Edi Safrani dan Edi Susanto yang maju melalui jalur perseorangan atau calon independen. Dan siangnya paslon Lis Darmansyah dan Maya Suryanti yang didaftarkan oleh Koalisi PDIP, Partai Hanura, Partai Demokrat, PAN, PPP dan PKPI.

"Hingga terakhir, ada 3 pasangan yang mendaftar secara resmi ke kita. Namun ini baru tahap awal, nantinya akan ada verfikasi kembali. Untuk hasil pemeriksaan berkas dari ketiga paslon tersebut, telah memenuhi syarat pendaftaran," ungkap Robby di Kantor KPU Kota Tanjungpinang.

Pada tahap pemeriksaan kesehatan ini Robby, berharap pemeriksaan kesehatan para bakal paslon berjalan dengan lancar. Dan seluruh calon mengikuti proses sebaik-baiknya. "Pemeriksaan kesehatan wajib diikuti seluruh paslon," pungkas Robby. (rco)

 

Share