Selasa06192018

Last update05:00:00 AM

Back Tanjungpinang Defisit Anggaran Tergantung Dana Perimbangan Kepri

Defisit Anggaran Tergantung Dana Perimbangan Kepri

TANJUNGPINANG (HK) - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Kepri Naharuddin menegaskan saat ini belum dapat dipastikan defisit atau tidaknya anggaran di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri.
Hal ini terkait dengan adanya isu defisit anggaran Provinsi Kepri sebesar Rp500 miliar yang belakangan ini marak. "Belum dapat diketahui saat ini, kita defisit atau tidak, karena semua itu tergantung dana perimbangan yang bakal diterima Pemprov Kepri," ungkap Naharuddin di Tanjungpinang, Senin (12/3).

Dikatakan Naharuddin, nantinya setelah mengetahui dana perimbangan yang diterima Provinsi Kepri saat ini barulah dapat diketahui bagaimana kondisi Pendapatan Kepri apakah sesuai target atau tidak sesuai target.

"Dana perimbangan bakal diterima Pemprov Kepri pada pertengahan 2018 ini. Jadi saat ini kita belum dapat pastikan defisit Kepri," ungkap Naharuddin kembali.

Dijelaskan, saat ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kepri yang hanya Rp1,1 triliun, sementara APBD Kepri 2018 ditetapkan Rp3,49 triliun sehingga dapat diasumsikan dana perimbangan mencapai Rp2,3 triliun. "Baru-baru ini dalam rapat pemerintahan sempat muncul pertanyaan terkait kondisi keuangan Kepri. ini kan baru dugaan atau asumsi belum pasti," tegas Nahar.

Lanjut Nahar, bahkan dalam rapat internal pun disebutkan asumsi defisit tersebut untuk mengantisipasi terjadinya defisit anggaran di Pemprov Kepri agar segera dicarikan solusinya. (efr)

Share