Sabtu08232014

Last update12:00:00 AM

Back Tanjungpinang Kemenag Tpi Monitoring TPQ

Kemenag Tpi Monitoring TPQ

TANJUNGPINANG - Dalam rangka melakukan pembinaan, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tanjungpinang melaksanakan monitoring di setiap Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) yang ada di Tanjungpinang. Monitoring ini dilakukan untuk melihat sejauh mana fungsi yang dilakukan terhadap TPQ dalam memaksimalkan potensi pembelajaran agama Islam.

Kepala Kantor Kemenag Kota Tanjungpinang Abu Sufyan saat melakukan monitoring di TPQ Al Hidayah Kampung Dompak Lama, Kelurahan Dompak Kecamatan Bukit Bestari Selasa, (21/6) mengatakan, monitoring membahas hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan agama Islam, salah satunya membaca dan menulis Alquran.

"Monitoring ini juga sekaligus menampung aspirasi ataupun keluhan yang disampaikan oleh para pengurus TPQ, seperti sarana maupun prasarana yang dibutuhkan dan menyusun program yang bermanfaat," papar Abu.

Abu menyebutkan, monitoring di setiap TPQ akan dilakukan secara bergilir di tiap Kecamatan. Di Kota Tanjungpinang sendiri ada sebanyak 205 TPQ yang tersebar.

"TPQ ini sangat penting bagi anak terutama dalam hal membaca dan menulis Alquran. Program yang kami lakukan ini juga sekaligus untuk menyongsong peraturan daerah (Perda) Pendidikan di Tanjungpinang, terutama bagi tamatan siswa SD untuk masuk SMP atau MTs yang bisa membaca dan menulis Alquran," terang Abu.

Perda itu sendiri akan disosialisasikan tahun depan, setelah itu baru dijalankan. Ia berharap dengan adanya monitoring itu, para guru-guru mengaji yang ada di TPQ dapat termotivasi memberikan pengajaran kepada murid-muridnya. Terutamanya lagi tentang membaca Alquran.

Monitoring disejalankan dengan penyerahan Alquran dan media pembelajaran kepada tiga TPQ, antara lain TPQ Al Hidayah, TPQ Assakirin dan TPQ Jannatul A'la. (eza)

Share