Pemkab Natuna Janji Atasi Kelangkaan Air Bersih

Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti.

Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti.

NATUNA (HK) – Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti, mengatakan pihaknya akan mengatasi kelangkaan air bersih yang melanda masyarakat setiap tahun,

“Hampir setiap tahun kita menerima keadaan seperti ini. Ke depan ini tidak boleh lagi terjadi,” ucap Ngesti, Minggu (31/3).

Ia mengaku, pemerintah bersama PDAM Tirta Nusa Natuna telah berhasil mengidentifikasi akar masalah tersebut. Sumber masalahnya terletak pada sarana dan fasilitas yang dimiliki PDAM.

Untuk mengatasi masalah ini, PDAM perlu tambahan bendungan, perbaikan dan peremajaan sejumlah sarana yang ada pada sistem penyaluran air bersih kepada masyarakat.

“Debet air secara umum di Natuna tidak ada masalah. Meski pun kita dilanda musim kemarau, kita masih punya beberapa sungai dengan intensitas air yang cukup besar di Ranai dan sekitarnya. Kita masih punya Sungai Sebayar. Cuma persoalannya kita belum cukup bendungan dan pipa PDAM banyak yang rusak. Ini yang jadi PR kami,” papar Ngesti.

Ia melanjutkan, menambah jumlah bendungan belum bisa terjangkau oleh anggaran daerah. Untuk di Ranai dan sekitarnya, Natuna memerlukan satu tambahan bendungan dengan luas 5 hektar sebagai penampung air Sungai Sebayar, Desa Sungai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur. (fat)

(Visited 8 times, 1 visits today)