ASPPI Optimis Datangkan 20 Juta Wisman

BATAM (HK) – Ketua umum Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Johari Samad optimis bisa mendatangkan 20 juta Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Indonesia sepanjang tahun 2019. Langkah tersebut bisa dicapai melalui berbagai kegiatan yang sudah dirancang sepanjang tahun 2019 ini.

Rasa optimis tersebut disampaikan dalam acara Triangle Tourism Travelmart II 2019, di Hotel Harmoni one, Kamis (4/4) siang yang difasilitasi oleh DPW ASPPI Kepri selaku panitia.

“Dengan dukungan Kemenpar, ASPPI di 25 provinsi, serta adanya event triangle travelmart, target Wisman 20 juta bisa terealisasi,” ungkap Johari.

Salah satu, lanjutnya, kegiatan tersebut akan mendatangkan buyer dari Singapura, Malaysia dan Vietnam. Terlebih menurutnya pengalaman selama ini mendatangkan wisatawan dari beberapa negara baik dari Eropa, Amerika, hasilnya cukup baik.

Terlebih ASPPI sebagai pelaku pariwisata atau pelaksana, telah melakukan kegiatan triangle tourism travelmart secara nyata dan terorganisir setiap dua tahun sekali. “Bahkan dari Kemenpar sendiri meminta kegiatan ini di adakan setiap tahun mengingat keberhasilan dari ASPPI selama ini,” ucap Johari.

Dijelaskan, dari 25 DPW ASPPI yang tersebar di seluruh Indonesia telah beranggotakan sebanyak 1.700 orang, dan akan fokus di peningkatan sumber daya manusia dengan mengadakan pelatihan dan seminar. “Untuk setiap tahunnya kita mengadakan 12 event kegiatan pelatihan,” pungkasnya.

Ketua Panitia ASPPI, Justitia Primadona mengatakan tujuan dari pada kegiatan tersebut untuk mengangkat pariwisata yang ada di Kepulauan Riau.

“Artinya kita mempromosikan potensi wisata-wisata yang ada disini kepada buyer yang datang dari luar Batam, contohnya Singapura, Malaysia dan Vietnam,” ucap Dona.

“Jadi mereka kita undang datang kesini untuk mengetahui lebih jelas bagaimana potensi wisata yang ada di Kepri,” tambahnya.

Melalui kegiatan tersebut, pihaknya ingin mengangkat destinasi pariwisata yang ada di Kepri, dengan paket wisata yang ada di Bintan, Tanjung pinang, Anambas, Natuna, Lingga dan Batam.

“Dominan seller dari lokal, yakni, hotel, tranportasi dan restoran yang ada di Batam, sementara jumlah peserta buyer sebanyak 120, untuk seller sebanyak 60,” jelas Dona juga selaku Bendahara DPD ASPPI Kepri.

Melalui kegiatan tersebut, ia berharap dapat meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara masuk ke Kepri. “Artinya disini kita juga mengejar target pemerintah untuk mendatangkan para wisman,” ujar Dona

Kegiatan tersebut turut hadir kepala dinas pariwisata provinsi kepri, Kadis pariwisata Tanjungpinang, Kadis Pariwisata Lingga, Kadis Pariwisata Anambas, Kadis Pariwisata Natuna, dan Kadis Pariwisata Bintan. (cw63)

(Visited 2 times, 1 visits today)