Awas! Merokok Saat Berkendara Bisa Kena Tilang

Foto : AKP Cut Amelia Kasat Lantas Polres Bintan

Foto : AKP Cut Amelia Kasat Lantas Polres Bintan

BINTAN (HK) – Jajaran Satuan lalu lintas Polres Bintan saat ini sedang mensosialisasikan mengenai aturan yang melarang pengendara merokok saat berkendara di jalan raya.

AKP Cut Putri Amelia Sari Kasat Lantas Polres Bintan, menjelaskan, sosialisasi akan dilakukan selama sebulan kedepan. “Setelah sosialisasi baru dilakukan penindakan berupa tilang,” kata Cut, Kamis (4/4).

Cut Putri menyebutkan, larangan ini sebenarnya sudah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, namun Kementrian Perhubungan RI melalui peraturan terbarunya nomor 12 Tahun 2019 menegaskan kembali mengenai larangan merokok saat berkendara.

“Ya karena memang bisa mengganggu konsentrasi pengendara itu sendiri yang berujung pada bahayanya keselamatan saat berkendara, tapi ini masih kita sosialisasikan,” ujar Cut.

Ia menerangkan, sosialisasi yang akan dilakukan menyasar kesemua elemen masyarakat termasuk para pelajar. Sehingga, pada saat penerapan aturan tersebut masyarakat sudah tidak kaget lagi. “Setelah itu barulah penindakan,” tegasnya.

Cut juga menyinggung soal pembayaran tilang ditempat, saat ini pola tersebut sudah tidak berlaku lagi. “Termasuk juga penitipan biaya tilang kepada petugas sudah tidak bisa lagi,” terangnya. (oxy)

(Visited 3 times, 1 visits today)