Bupati Kunker ke Kabupaten Kudus

ANAMBAS(HK)-Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) akan segera menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Kudus untuk pemasaran komoditas cengkeh.

Bupati KKA Abdul Haris, SH bersama Kepala Dinas Transmigrasi Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Kudus dan Amat Yani Wakil Ketua II DPRD KKA saat menggelar Rapat tentang kerjasama pemasaran cengkeh dari Anambas ke Kudus.Foto:Yudi/Haluan Kepri

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan harga pasar cengkeh di Anambas yang selama ini masih rendah dan menyulitkan petani cengkeh yang ada di daerah itu.

Seperti diketahui bahwa Kabupaten Kudus merupakan salah satu daerah penghasil rokok terbesar di Indonesia.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris, SH mengatakan, kunjungan kerja (Kunker) yang dilakukan pihaknya adalah untuk menjajaki penjualan komoditi cengkeh dari Anambas ke pengusaha yang ada di Kabupaten Kudus.

“Setelah dilakukan penjajakan kemarin oleh Kepala Dinas, akhirnya kita diundang bersilahturahmi dengan pemerintah daerah Kabupaten Kudus guna memfasilitasi penjualan cengkeh masyarakat Anambas ke Kudus,” demikian disampaikan Haris melalui telpon genggamnya, Kamis (4/4).

Menurut dia, denga MoU dapat meningkatkan harga cengkeh milik petani yang saat ini harganya berkisaran antara Rp70.000 sampai dengan Rp80.000 perkilo.

“Dengan MoU yang akan dilakukan kita optimis harga cengkeh tersebut bisa mencapai Rp100.000 lebih,”jelasnya.

Sejatinya lanjut Bupati, MoU nanti bukan hanya pada komoditi cengkeh saja, namun komoditi lain juga dapat dimasukan, mengingat Anambas merupakan kaya akan potensi, baik itu perikanan, pertanian, maupun lainnya.

Ia juga mengapresiasi respon cepat pemerintah Kabupaten Kudus, yang turun tangan langsung dalam upaya memfasilitasi cengkeh asal Anambas untuk dijual kepada pengusaha di Kabupaten Kudus.

“Pertemuan saat ini adalah bagaimana dua pemerintah daerah yang saling mendukung kerjasama untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Kudus, Bambang Triwaluyo, mengatakan, siap membantu pemerintah daerah Anambas untuk memasarkan cengkeh dari Anambas ke daerah ini.

“Kita akan tindak lanjuti melalui MoU antara perintah daerah Kudus dan Anambas, agar pemasaran cengkeh segera terealisasi,” tegasnya.

Apalagi tambah dia, pihaknya mewakili pengusaha asal Kudus, siap mendukung agar terjadi sinergitas antara dua pemerintah daerah dalam mendorong peningkatan pendapatan petani.

“Perlu diketahui apabila kualitas cengkeh di Anambas itu sangat baik dengan jenis Zanzibar dan sangat dibutuhkan Pabrik-pabrik rokok yang ada di daerah ini,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Komisi I DPRD KKA, Rocky H. Sinaga mengatakan, kunker yang dilaksanakan bersama antara pemerintah daerah dan DPRD adalah bagaimana agar harga cengkeh di Anambas dapat meningkat.

Apalagi sebut Politisi Partai Golkar itu, respon pemerintah Kudus sangat luar biasa membuat jalinan koordinasi antara dua pemerintah Kabupaten untuk segera melakukan MoU segera terealisasi.

“Intinya harga cengkeh mereka milik masyarakat harganya akan meningkat dengan adanya kerjasama ini, harapan kita adalah dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Anambas,”tutupnya.(yud)

(Visited 19 times, 1 visits today)