Kakanwil Kemenag Kepri Hadiri Workshop Pengawasan 2019

Kakanwil Kemenag Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA (tengah) menghadiri Workshop Pengawasan Tahun 2019 di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta. (ist)

Kakanwil Kemenag Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA (tengah) menghadiri Workshop Pengawasan Tahun 2019 di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta. (ist)

Jakarta (HK) – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kepulauan Riau, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA menghadiri kegiatan Workshop Pengawasan Tahun 2019 yang mengusung tema “Moderasi Beragama Dalam Perspektif Pengawasan”. Kegiatan yang berlangsung pada Kamis – Sabtu (4-6/4/2019) itu diselenggarakan di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.

Secara resmi kegiatan telah dibuka oleh Staf Ahli Menteri Agama Bidang Managerial, Oman Fathurahman, pada Kamis (4/4/) pukul 16.00 WIB. Kegiatan dihadiri oleh para Kepala Kanwil Kemenag se-Indonesia.

Dalam arahannya, Oman Fathurahman yang membacakan pesan Menteri Agama RI mengatakan tujuan moderasi beragama adalah agar kerukunan beragama tercapai.

Moderasi dalam beragama, menurut Menag Lukman Hakim Saifuddin, harus terus digaungkan mengingat fenomena disrupsi saat ini tidak hanya menyentuh aspek teknologi, melainkan telah merambah pada persoalan agama. Agama yang sejatinya hadir untuk menjaga harkat dan martabat kemanusiaan justru disalahgunakan untuk merendahkan sesama manusia.

Dia menambahkan prinsip dasar moderasi agama adalah di Indonesia ada jaminan kebebasan beragama kebebasan menjalankan ajaran agama, dengan tetap melindungi kebhinekaan. Dalam waktu dekat Kementerian Agama akan membuat buku tanya jawab moderasi beragama sebagai panduan bagi masyarakat.
Sementara itu dalam konteks pengawasan Inspektorat Jenderal Kemenag tidak hanya menindak tapi juga membina agar tidak memiliki kesempatan melakukan pelanggaran. (r)

(Visited 5 times, 1 visits today)