KPU Natuna Distribusi Surat Suara 13 April

Ketua KPU Natuna, Abdilah Junaidi (kanan) saat rapat bersama anggota komisioner lainnya.Foto: Fathurahman/Haluan Kepri

NATUNA (HK) – Setelah selesai tahapan proses pelipatan surat suara, tahapan selanjutnya adalah pendistribusian surat suara ke setiap PPK pada tanggal 13 April 2019 mendatang.

Ketua KPU Natuna, Abdilah Junaidi (kanan) saat rapat bersama anggota komisioner lainnya.Foto: Fathurahman/Haluan Kepri

Proses pelipatan surat suara berhasil dilaksanakan dan didapatkan surat suara yang bagus ada 268.411 lembar dan surat suara yang rusak ada 260 lembar.

“Alhamdulillah tahapan pelipatan surat suara sudah selesai dilaksanakan semuanya. Tinggal tahapan pendistribusiannya, yang akan dilakukan pada tanggal 13 April nanti,” kata Ketua KPU Natuna Junaidi melalui telponnya. Jumat (5/4).

Junaidi merincikan, jumlah surat suara yang sudah siap di distribusikan untuk pemilihan Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPD sebanyak 53.649 lembar. Sementara DPRD Kabupaten dipecah menjadi tiga Dapil yaitu, Dapil 1 sebanyak 25.276 surat suara, Dapil II 13.156 surat suara dan Dapil III sebanyak  17.918 surat suara.

“Semuanya akan kita kirimkan sesuai jadwal nanti kesetiap PPK. Dengan menggunakan kapal yang disewa,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, berdasarkan hasil dari pelipatan dan hasil sortir yang dilakukan didapatkan jumlah surat suara yang bagus ditambah surat suara PSU (Pemungutan Suara Ulang) menjadi 271.411 lembar.

Namun untuk mengantisipasi surat suara rusak, terang Junaidi akan disediakan surat suara PSU yang dititipkan di Gudang Polres Natuna. Kemudian surat suara sisa hitung akan dimusnahkan.

“Setelah hasil sortir didapatkan surat suara yang bagus ditambah surat suara PSU totalnya menjadi 271.411 lembar,” ungkapnya.

Selain itu untuk mengantisipasi dalam pengiriman kotak suara nanti, Junaidi mengatakan setiap pengiriman kotak suara akan dilapisi platik agar lebih aman lagi.

“Ya kita hanya bisa berharap, semuanya bisa berjalan lancar dan aman dalam proses pendistribusian kotak suara dan surat suara sampai ke setiap TPS di Natuna,” harapnya.(fat)

(Visited 1 times, 1 visits today)