KPUD Anambas Bentuk 3 Tim Monitoring Pemilu

ANAMBAS(HK)-Komisi Pemilahan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) akan membentuk tiga tim monitoring pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 17 April 2019.

Ketua KPUD, Jupri Budi mengatakan, pihaknya akan membentuk 3 tim monitoring.Foto:Yudi/Haluan Kepri

Ketua KPUD KKA, Jupri Budi mengatakan, tiga tim yang dibentuk tersebut untuk melihat secara langsung jalannya Pileg dan Pilpres di Tempat Pemilihan Suara (TPS).

“Kita akan meninjau langsung ke TPS-TPS baik yang berada di Kota Tarempa maupun yang berada di pulau-pulau terjauh,” ujar Budi,Jumat (5/4).

Ia mencontohkan, tiga tim tersebut akan dibagi ke tiga Daerah Pemilihan (Dapil), misal Dapil 1 nanti diisi oleh Bupati, Wakil Bupati, Ketua KPUD, Bawaslu Keamanan Seperti Kapolres, Danlanal, dan lainnya.

“Kita meminta kepada pemerintah daerah untuk menyusun masing-masing dan siapa saja yang tergabung didalamnya,” bebernya.

Sejatinya lanjut dia, monitoring dilakukan bukan hanya pada saat Pemilu dan Pilpres dilaksanakan, namun dilakukan sejak H-1 sampai dengan H+1.

“Peninjauan dilakukan itu sejak dari pembuatan TPS dan pada saat penghitungan suara,” katanya.

Ia menambahkan, dari hasil evaluasi Pemilu yang dilakukan di Anambas, sampai saat ini masih berjalan dengan lancar, sesuai dengan tahapan yang berdasarkan peraturan Perundang-Undangan.

“Alhamdulillah, hingga saat ini proses dan mekanisme Pemilu masih berjalan dengan lancar, dan kita optimis partispasi tetap tinggi sesuai dengan harapan kita bersama,” ucapnya. (yud)