Murid SMK Kelautan Berpeluang Jadi ABK Kapal di Jepang

NATUNA (HK) – SMKN 1 Bunguran Timur, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Sekai Hikari Indonesia di RM Gerai, Ranai. Jumat (5/4).

Kepala sekolah SMKN 1 Bunguran Timur dan Drektur LKP PT Sekai Indonesia, Budiman menandatangani MoU kerjasama pelatihan pengawakan kapal.Foto:Fathurahman/Haluan Kepri

Kerjasama ini dijalin untuk membuka peluang kerja bagi para siswa-siswi SMKN setelah tamat sekolah nanti.

Penandatanganan ini dilaksanakan Budiman selaku Direktur Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) PT. Sekai Hikari Indonesia dan Kepala Sekolah SMKN I bunguran Timur, Aswana.

MoU yang ditandatangani itu berisi 4 poin yakni, Praktek kerja Industri (Prakrin), Uji Kopetensi, Pemasaran Lulusan/recrutment dan pengembangan Kurikulum.

“Kami bersyukur dengan adanya MoU semacam ini, kami ingin lulusan sekolah ini bisa langsung mendapat kerja baik diluar maupun didalam negeri,” kata Aswana.

Menindaklanjuti MoU ini, SMKN I Bunguran Timur langsung melakukan seleksi magang dan Mauruship (ABK Kapal). Pada tahapan ini dilakukan beberapa kegiatan tes seperti wawancara, tes fisik, dan tes Barbel.

“Kami sudah siapkan 18 orang taruna, untuk mengikuti tes. Kalau mereka sudah lulus seleksi di sini, mereka akan langsung diberangkatkan ke Bekasi mengikuti tes dan pendidikan selanjutnya,” ujar Aswana.

Menurutnya, apabila taruna yang sudah dinyatakan lulus tes dan pendidikan secara keseluruhan, mereka memiliki peluang kerja yang sangat terbuka di dalam negeri dan juga bahkan diluar negeri.

“Secara spesifik, taruna-taruna kami ini disiapkan menjadi ABK Kapal di Jepang. Dengan MoU ini peluang mereka untuk bekerja di Jepang sangat terbuka karena PT Sekai Hikari Indonesia memiliki jaringan yang luas dengan dunia perkapalan di Jepang. Kami benar-benar berharap taruna kami ini dapat cepat bekerja,” pungkasnya.(fat)

(Visited 6 times, 1 visits today)