Dorong Potensi Parkir Dishub Proyeksikan Enam Milyar Untuk PAD

Foto : logo Kabupaten Bintan

Foto : logo Kabupaten Bintan

BINTAN (HK) – Tahun ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Bintan memproyeksikan pendapatan yang akan masuk ke pendapatan asli daerah (PAD) Bintan sebesar Rp 6 miliar.

Sumbernya berasal dari banyak sektor, seperti pas pelabuhan Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi, pelabuhan Bulang Linggi Tanjunguban, pelabuhan Lobam dan parkiran kendaraan.

Keyakinan menyumbang Rp 6 miliar ke PAD Bintan diakui Kepala Bidang Transportasi Darat Dishub Bintan Aris Sulistyo karena tarif parkir sudah mengalami penyesuaian.

“Dulu motor bayar Rp 500 sekarang sudah Rp 1.000 dan mobil sudah Rp 2.000. Tahun lalu target Rp 3,5 miliar yang terealisasi Rp 6.193.000.000,-,” sebutnya, kemarin.

Namun khusus untuk tarif parkir, target yang dituliskan hanya sebesar Rp 96 juta dari target Rp 6 miliar uang yang akan masuk ke PAD Bintan tahun ini. Karena sumber yang berasal berada pada tarif pas pelabuhan BBT Lagoi.

“Kita menerapkan sistem kontrak dengan pihak ketiga (LSM-red) untuk mengelola parkir dikawasan Bintan Timur dan Bintan Utara. Kita lagi menggarap potensi parkiran dikawasan wisata seperti di Poyotomo,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Bintan Mohd Insan Amin menambahkan, target yang akan disumbangkan ke PAD Bintan dari pihaknya akan tercapai. Mengingat potensi-potensi yang ada sedang digarap.

“Melihat kondisi saat ini, tentunya kita yakin target itu akan terealisasi. Beberapa potensi seperti parkiran di kawasan wisata sedang coba digarap,” katanya.

Disinggung soal gedung pengujian kendaraan bermotor atau KIR milik Dishub Bintan di Jalan Ceruk Ijuk, Kecamatan Toapaya yang dinonaktifkan. Insan menjelaskan, pasca keluarnya edaran Kementrian Perhubungan soal akreditasi UPT KIR, maka sementara waktu pelayanan teknis dihentikan.

Namun, untuk tahun ini kata dia, ada anggaran Rp 2,6 miliar yang dialokasikan untuk pembelian peralatan KIR termasuk proses akreditasinya. “Kalau bisa beroperasi tentu akan menjadi sumber pendapatan juga bagi daerah,” tukasnya. (oxy)

(Visited 4 times, 1 visits today)