Tim Gabungan Razia Intensif Jelang Pemilu

KARIMUN (HK)-Razia gabungan unsur TNI-Polri dan Satpol PP, operasi cipta kondisi makin intensif dilakukan menjelang pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 mendatang. Razia serentak dilaksanakan di Pulau Karimun Besar Jumat (5/4) dan Sabtu (6/4) malam di sejumlah titik strategis yang dianggap rawan kejahatan. Razia serupa akan terus dilakukan hingga hari H pemilu.

Untuk wilayah hukum Polsek Balai Karimun, razia Sabtu malam menurunkan 7 personil Polsek Balai Karimun, 2 anggota Koramil Tanjungbalai Karimun dan 2 personil Satpol PP. Petugas menyisir lokasi di sekitar Pasar Telaga Mas, Kolong, Kelurahan Seilakam Barat dan Coastal Area Tanjungbalai Karimun.
Razia yang dipimpin Kanit Sabhara Polsek Balai Karimun, Iptu Rizal Rahim itu diawali dengan apel pasukan di halaman Mapolsek, dihadiri Kapolsek AKP Budi Hartono dan Kanit Reskrim Iptu Brasta Pratama. Usai apel, seluruh personil terlibat mulai menyusuri titik-titik yang menjadi sasaran kegiatan.
“Kami melaksanakan kegiatan cipta kondisi yang melibatkan TNI dan Satpol PP. Kegiatan ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta menciptakan Sitkamtibmas yang kondusif dalam rangka menjaga, menertibkan dan memberantas kejahatan jalanan dengan sasaran penyakit masyarakat, premanisme, percaloan, sajam, senpi dan narkoba,” ungkap Budi Hartono.
Kata Budi, kegiatan yang dimulai sekitar pukul 21.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 23.00 WIB tersebut hanya menemukan sejumlah remaja yang nongkrong di pinggir jalan. Saat dilakukan pemeriksaan, tidak ditemukan senjata tajam, senpi ataupun narkoba. Mereka kemudian diberikan bimbingan dan nasehat agar tidak melakukan tindakan pidana.
“Kegiatan cipta kondisi berjalan lancar, aman dan tertib. Petugas tidak menemukan barang bukti yang berbahaya. Kepada remaja yang ditemukan nongkrong di jalan diberikan nasehat agar tidak melakukan tindak pidana. Kegiatan ini rutin dilaksanakan sampai H-3. Kegiatan serentak juga dilaksanakan oleh Polsek lainnya,” ujar Budi.
Sementara, untuk wilayah hukum Polsek Meral, razia melibatkan 8 pesonel Polsek Meral, 4 personil Koramil 01 dan 02 dan 3 orang personel Satpol PP. Kegiatan yang dipimpin Wakapolsek Iptu Nursyamsi menyasar sejumlah titik seperti Pelabuhan Roro, Stadion Badang Perkasa hingga taman hijau depan RSUD.
“Saat kegiatan, kami menemukan muda-mudi yang sedang nongkrong di taman hijau depan RSUD Mohamad Sani Karimun. Kemudian, ditemukannya dua orang pemuda yang sedang nongkrong di Simpang Mutiara Kecamatan Meral. Anggota tidak menemukan barang-barang terlarang, minuman keras maupun narkoba,” ungkap Kapolsek Meral AKP Hadi Sucipto.
Dikatakan, tindakan yang dilakukan berupa pengecekan identitas dan dokumen kendaraan. Melakukan penggeledahan dan pemeriksaan badan, barang bawaan dan kendaraan. Kemudian, anggota juga memberikan himbauan Kamtibmas, agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban dan tidak melakukan tindak pidana. (ham)

(Visited 1 times, 1 visits today)