Bupati Anambas Tunggu Pelamar dari Luar Daerah

Bupati Anambas, Abdul Harris,SH saat menyampaikan penjelasan mengenai open biding

ANAMBAS(HK)-Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris, SH berharap ada pelamar dari luar daerah Anambas yang ikut dalam seleksi terbuka Jabatan Tinggi Pratama (JTP).

Hal ini agar Sumber Daya Manusia (SDM) di Anambas dapat bertambah, selain itu masuknya figur-figur baru potensial yang melamar, maka akan terjadi kompetisi, sehingga yang terpilih merupakan yang terbaik untuk menempati jabatan tersebut.

“Saat ini kita berharap, figur-figur dari luar Anambas juga dapat ikut, sehingga terjadi kompetisi dan terpilih memang yang terbaik untuk memimpin jabatan tersebut,” ujar Haris, Senin (8/4).

Ia mengungkapkan, masuknya pelamar dari luar dapat merubah suasana dan memacu kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar lebih cepat.

Saat ini kata Haris, terdapat sebanyak 10 orang telah mendaftar pada open Biding JTP Anambas yang telah dilaksanakan, yakni 7 orang pada formasi Staf Ahli, 2 orang Kepala Balitbangpeda dan satu orang Kadis PuPR.

“Semua pelamar tersebut berasal dari Anambas, tidak ada yang berasal dari luar,”jelasnya.

Ia juga menegaskan, kalau open biding yang dilaksanakan benar-benar murni, dan semua pendaftar memiliki kesempatan yang sama. Silahkan bersaing dengan sehat dan tunjukan kompetensi didahapan tim penguji.

“Yang menentukan siapa yang terpilih menduduki jabatan yang telah dibuka adalah kemampuan sendiri, berdasarkan hasil tes yang dilaksanakan, karena pansel sendiri adalah orang-orang yang profesional di bidangnya,”paparnya.

Sementara itu Kepala BKPSDM KKA Linda Maryati mengatakan, saat ini panitia memperpanjang waktu pendaftaran dari sebelumnya berakhir pada tanggal 5 April diperpanjang menjadi 16 April 2019. Hal ini dilakukan dalam rangka memperluas kesempatan bagi Pegawai Negeri sipil (PNS) yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi.

Ia melanjutkan, pendaftaran seleksi yang semula berakhir pada tanggal 5 April 2019 diperpanjang menjadi 16 April 2019.

“Kita melakukan perpanjangan masa pendaftaran sampai dengan 16 April 2019 mendatang, dengan penambahan waktu ini diharapkan pelamar akan lebih banyak lagi,”j elasnya.

Ia menambahkan, surat lamaran berserta laporannya baik itu hardcopy maupun softcopy pelamar diserahkan langsung kepada Pantia seleksi terbuka dikantornya BKPSDM untuk yang berada di Anambas.

“Sedangkan untuk pelamar yang berada di luar dapat mengirimkan softcopy lamaran melalui email [email protected] dan hardcopy dapat diantarkan langsung atau melalui kuasa yang dibuktikan dengan surat kuasa,”bebernya.

Untuk tahapan seleksinya sambung Linda, yang pertama itu seleksi administrasi dan rekam jejak Jabatan, integritas dan moralitas, kemudian dilaksanakan tes kompetensi managerial dan terakhir kompetensi teknis dan sosial kultural, yang terdiri dari penulisan makalah, persentasi, dan wawancara akhir.(yud)

(Visited 6 times, 1 visits today)