Gempa Guncang Gorontalo

ilustrasi (internet)

ilustrasi (internet)

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,3 yang mengguncang wilayah Gorontalo, Senin (8/4/2019) pukul 03.45 Wita sempat membuat warga panik. Gempa itu mengejutkan warga yang sebagian besar masih terlelap.

Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika menyebutkan, lokasi gempa berada di 1,03 Lintang Utara (LU) dan 123,18 Bujur Timur (BT) atau tepatnya sekitar 16 kilometer Barat Laut Boroko, Bolaangmongondow Utara (Bolmut), Sulawesi Utara (Sulut).

Kedalaman gempa diperkirakan berada 13 kilometer (km). BMKG menyatakan gempa tidak berpotensi tsunami.

Sejumlah warga yang sedang beristirahat langsung berhamburan keluar rumah. Pasalnya, getaran gempa terasa sangat keras.

“Kami tiba-tiba kaget dengan suara gemuruh yang begitu terdengar kuat, selain itu getaranya pun membuat kami berusaha untuk keluar dari rumah,” ungkap Ruslin Abdullah, seorang warga Kecamatan Suwawa.

Getaran gempa ini juga ikut dirasakan warga di wilayah Kabupaten Bone Bolango. Bahkan getaran gempa menurut warga sangat keras. Di samping menggetarkan bangunan, gempa turut menimbulkan bunyi gemuruh. Sehingga membuat warga terjaga dari tidur.

“Meskipun pusat gempa berada di Gorontalo utara, namun kami masyarakat Bone Bolango sangat merasakan kekuatan gempa itu,” ujar Abdul Farid.

Hingga kini belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut, namun warga Gorontalo dimohon untuk tetap waspada dengan kemungkinan adanya gempa susulan.*

(sumber: liputan6.com)

(Visited 1 times, 1 visits today)