KPU Sumbar Coret 27 Caleg dari DCT

(internet)

(internet)

KPU Sumatera Barat (Sumbar) mencoret 27 caleg dari daftar calon tetap (DCT) Pemilu 2019. Jumlahnya diperkirakan akan bertambah karena KPU menunggu proses administrasi terkait pemecatan caleg dari parpol.

Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani, mengatakan, 27 caleg itu dicoret karena berbagai alasan alias dinyatakan tidak memenuhi syarat.

“Alasan pencoretan atau pengurangan karena meninggal, TMS atau tidak memenuhi syarat dan karena putusan pengadilan,” ujar Izwaryani, Senin (8/4/2019).

Izwaryani menjelaskan, ada caleg yang menjadi TMS karena lolos menjadi CPNS dan memilih mundur dari pencalegan.

Ke-27 caleg yang dicoret dari DPT berasal dari PDI Perjuangan, Gerindra, Berkarya, PSI, Perindo, PKB, PKS, PBB, NasDem dan Hanura. Rinciannya, 9 orang meninggal, 15 orang tak memenuhi syarat dan 3 lainnya dicoret dengan putusan pengadilan.

Meski dicoret, nama ke-27 caleg akan tetap muncul dalam surat suara, karena tahapan penetapan DCT sudah dilakukan sebelumnya.

“Kita akan buat pengumuman di tiap TPS di Dapil caleg bersangkutan, bahwa yang bersangkutan sudah tidak memenuhi syarat. Bahwa yang bersangkutan bukan lagi caleg,” ujar Izwaryani.

Bila pun ada pemilih yang tetap mencoblos nama caleg yang dicoret dari DCT, Izwaryani menegaskan suara caleg itu akan beralih ke parpol.*

(sumber: detik.com)

(Visited 4 times, 1 visits today)