by

Berinovasi Mengikuti Perkembangan Zaman- HUT ke-18 Haluan KepriOleh: H. Basrizal Koto, CEO Haluan Kepri Group

“Media cetak jika tidak melakukan inovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman, dipercaya akan tertinggal. Dan Haluan Kepri selalu mengikuti perkembangan tersebut. Karena itulah koran ini tetap eksis hingga berusia 18 tahun pada hari ini.”

Sebagai media dengan penyebaran terluas di Kepri, Haluan Kepri telah teruji sebagai salah satu media cetak terbesar di daerah ini. Hal itu dibuktikan dengan konsistennya menyajikan berita dari hampir seluruh daerah di Kepri ditambah liputan peristiwa besar nasional dan internasional.

Sejak diterbitkan pertama kali pada 9 April 2001 lalu, koran ini telah ditujukan sebagai media referensi bagi masyarakat. Kenapa? Karena, pada awal-awal media ini terbit, Batam dan Kepri secara umum tengah tumbuh menjadi salah satu daerah berkembang di Indonesia bagian barat. Kala itu, Batam khususnya tengah menjelma sebagai sebuah kota dengan pergerakan ekonomi yang hampir mendekati dua digit dan melebihi pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Kehadiran koran ini – yang sebelumnya bernama “Sijori Mandiri” – memberi energi tambahan bagi pembangunan Batam dan Kepri. Media ini memainkan perannya sebagai salah satu penyumbang pemikiran bagi kemajuan kota dari hampir semua sektor. Jadi tak mengherankan, koran ini langsung menjadi acuan sebagian besar masyarakat Batam dan Kepri.

Dalam perjalanannya, kiprah Haluan Kepri tidak dapat dibendung seiring semangat tagline “Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat.” Hal itu dibuktikan dengan hadirnya koran ini hampir di seluruh daerah di Kepri. Kehadirannya di tujuh kota kabupaten di Kepri tidak hanya fisik koran, tapi juga dengan personil dengan dukungan seluruh perangkat kerja.

Tahun ke tahun Haluan Kepri terus menyepakan sayapnya lewat liputan-liputan yang memang dibutuhkan oleh masyarakat. Sebut saja ekonomi, sosial, budaya, hingga politik. Untuk yang terakhir ini, ada image di tengah masyarakat, jika media ini menjadi referensi untuk dunia politik di daerah ini. Namun, sebagai koran umum, media ini tidak milik satu bidang, namun, milik seluruh elemen masyarakat.

Dalam perjalanan selama 18 tahun ini, pasang surut juga dialami. Namun, managemen sadar jika hal itu merupakan salah satu upaya untuk mendewasakan, memberi pengalaman, dan menjadi pelajaran untuk melakukan yang terbaik bagi pembaca.

Dalam perkembangan zaman sekarang, Haluan Kepri juga beradaptasi dengan teknologi informasi. Adaptasi yang paling nyata adalah menyajikan liputan dengan media online: www.haluankepri.com. Haluan Kepri dan media online-nya seiring sejalan dalam mengakomodir seluruh pembaca dengan berita terbaru terutama yang berada di daerah terdepan Kepri. Alhamdulillah, ‘seiring sejalan’ ini makin menguatkan keberadaan media ini di Kepri.

Selanjutnya, managemen Haluan Kepri juga menyadari, konvergensi media saat ini harus diimbangi dengan inovasi. Inovasi tidak hanya dengan sajian liputan, tata letak, perwajahan koran, tapi juga Sumber Daya Manusia (SDM). SDM Haluan Kepri diharuskan untuk selalu mengasah dirinya dengan isu yang berkembang. Managemen paham, SDM merupakan orang terdepan dalam menyajikan berita yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Kenapa hingga 18 tahun ini Haluan Kepri terus ada di tengah masyarakat pembaca? Karena, dalam penyajian liputan tetap mengedepankan akurasi, data, fakta, serta selalu berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Hal inilah yang menjadikan berita yang disajikan media ini selalu dipercaya oleh masyarakat pembaca.

Mendekati dua dasawarsa kiprahnya, Haluan Kepri akan terus berada di jalurnya sebagai penyampai berita yang berimbang dan santun. Managemen menyadari, dalam kondisi sekarang, masyarakat harus diberikan informasi yang ‘sebenarnya berita’. Bukan “berita-berita”. Sebab, Haluan Kepri ada untuk mencerdaskan masyarakat!

Menyambut HUT ke-18 Haluan Kepri, kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang tulus kepada seluruh masyarakat Kepri yang selalu setia dan telah menjadikan Haluan Kepri sebagai media referensinya. Dukungan penuh semua pihak akan menjadikan koran ini sebagai media terbaik di hari-hari kedepan. Aamiin. ***

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed