Indihome Telkom Bakal Hadir di Kecamatan Palmatak

Kantor PT Telkom Indonesia di Kecamatan Tarempa telah menghadirkan akses internet melalui Indihome. dalam waktu dekat PT Telkom Indonesia akan membuka jaringan indihome di Kecamatan Palmarak. NET

ANAMBAS (HK) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam hal ini Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, (Diskominfotik) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) terus berupaya melakukan peningkatan kebutuhan akses jaringan telekomunikasi melalui berbagai upaya. Salah satunya mengupayakan masuknya Indihome dari Telkom Indonesia yang dapat Melayani Kecamatan Palmatak.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Tim Telkom Kepri dipimpin Suherman selaku Kakandatel Tanjungpinang, dan Hidayat sebagai Manager Akses Operation Management Telkom Kepri, serta Edwar sebagai SPV Plasa Telkom Tarempa bersama Kepala Dinas Kominfotik dan Camat Palmatak melakukan survei ke wilayah Kecamatan Palmatak dan Siantan Tengah.

Tujuan dari survei tersebut, merupakan langkah-langkah Pemkab Anambas untuk mewujudkan percepatan serta peningkatan kebutuhan akses telekomunikasi dan akses internet melalui program Indihome dengan pemanfaatan Palapa Ring Barat di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Sebagai tahap pertama Indihome Telkom dan akses internet sudah dibangun dan telah dirasakan masyarakat Ibukota Kabupaten Kepulauan Anambas di Tarempa, dan untuk pembangunan tahap Telkom akan memperluas lagi dibeberapa titik yang belum dilewati yang sampai saat ini masih dinanti-nanti masyarakat di Kecamatan Siantan seperti di Desa Sri Tanjung, Tarempa Selatan, Batu Tambun, Rintis, Tanjung Momong, Antang, kantor Bupati dan Dusun-dusun.

Selain itu, dalam upaya meningkatkan layanan tower BTS Telkomsel di site Antang dan site Tarempa Selatan dari layanan 2G dan 3G mengunakan VSA, ditingkatkan ke layanan 4G LTE melalui fiber optik Palapa Ring Barat.

Menurut Kepala Diskominfotik KKA, Japrizal, dengan dihadirkannya Telkom di Anambas merupakan komitmen Telkom dalam upaya memerdekakan akses internet. “Dengan hadirnya Telkom di Anambas ini, saya pikir merupakan komitmen Telkom Indonesia memerdekakan akses internet di daerah perbatasan tentunya secara bertahap Insya Allah akan sampai ke pelosok pelosok di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas ini”, ujarnya.

Japrizal juga sangat berharap pihak PT Telkom memperluas layanannya bukan hanya di Ibukota saja, melainkan bisa sampai di kecamatan lain. Sehingga pemanfaatan Palapa Ring Barat yang disediakan pemerintah pusat untuk daerah 3T dan perbatasan, khusus Kabupaten Kepulauan Anambas dapat menyentuh keseluruhan daerah meskipun kondisi Anambas daerah kepulauan yang terpisah-pisah, namun masyarakat tetap dapat merasakan kemerdekaan akses internet seutuhnya. (r/Diskominfotik)

(Visited 25 times, 1 visits today)