11 Anak Warga Binaan Ikuti USBN di Rutan

KARIMUN (HK)-Sebanyak 11 anak warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Tanjungbalai Karimun mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di aula Rutan Karimun. Sebanyak 6 orang menjalani USBN Paket C, sementara 5 orang lagi menjalani USBN Paket B. Ujian tersebut dimulai sejak Senin (8/4).

Kepala Rutan Kelas IIB Tanjungbalai Karimun, Eri Erawan mengatakan, dari 6 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) peserta USBN Paket C, 4 orang merupakan warga binaan yang masih di dalam, sementara 2 WBP lagi merupakan warga binaan yang sudah bebas dari luar. Sedangkan, 5 orang peserta USBN Paket B merupakan warga binaan yang masih di dalam.

“Untuk USBN Paket C, pada hari pertama kemarin, anak-anak ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia, Sejarah dan Agama. Sedangkan pada hari ini mereka menghadapi soal Matematika, Bahasa Inggris dan PKN. Sementara, besok mereka akan berkutat dengan soal-soal Geografi, Sosiologi dan Ekonomi,” ungkap Eri.

Sedangkan untuk USBN Paket B, kata dia, pada Selasa (9/4), anak-anak menghadapi ujian Bahasa Inggris dan PKN. Sementara, untuk Rabu (10/4), mereka akan menghadapi soal-soal mata pelajaran Matematika, IPA dan IPS. Untuk Kamis anak-anak libur. Ujian akan dilanjutkan pada Jumat, Sabtu, Minggu dan Senin dengan pelaksanaan Ujian Nasional Kertas Pena (UNKP).

Kata Novi, USBN Paket C dan Paket B tersebut digelar Kemenkum HAM bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun. Menurut dia, tujuan dilaksanakan ujian ini adalah karena pendidikan adalah hak seluruh warga Indonesia, termasuk siswa sedang menjalani proses hukum.

“Meski anak-anak ini sedang menjalani hukuman, namun pendidikan merupakan hak mereka. Jadi, sudah menjadi kewajiban kita untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak tersebut. Kita berharap, anak-anak ini bisa terus semangat untuk belajar, meskipun berada dalam Rutan ini,” pungkasnya. (ham)

(Visited 1 times, 1 visits today)