by

Dorong Masyarakat Tanggap Bencana Bupati Bintan Dirikan KSB

BINTAN (HK) – Sebuah perkampungan dikawasan Tanjunguban Selatan Kecamatan Bintan Timur, resmi menjadi kampung siaga bencana (KSB). Peresmian yang disejalankan dengan pelantikan para pengurus KSB.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, dengan terbentuknya KSB di Bintan Utara mampu mendorong niat masyarakat untuk senantiasa siaga terhadap segala kemungkinan bencana alam yang akan terjadi.

Sehingga, bisa meminimalisir dampak-dampak buruk yang disebabkan bencana yang akan terjadi nanti. “Tentunya pengurus yang sudah dilantik harus tanggap dengan segala bentuk bencana yang mungkin akan terjadi,” kata Apri..

Ia berharap, jika terjadi bencana dengan keberadaan KSB mampu berperan layaknya tim Tagana maupun BPBD. “Jadi KSB ini ditugaskan bagaimana menanggulangi bencana dengan cepat. Mulai dari evakuasi, memasang tenda darurat, hingga mengoperasikan dapur umum,” ujarnya.

Pada peresmian pembentukan sekaligus pelantikan para pengurusnya Selasa kemarin disaksikan Kasubdit Kesiapsiagaan dan Mitigasi Kementrian Sosial RI Ibu Ni Masjitoh Tri Siswandesi dan ditemani Bunda Tagana Bintan Deby Maryanti serta beberapa pimpinan FKPD Bintan.

Ada 100 orang memamerkan simulasi penanganan bencana dengan jumlah korban sebanyak 250 orang. Simulasi dilakukan dengan tujuan, ketika ada kejadian nyata, pengurus KSB mampu menerapkan apa yang sudah disimulasikan kemarin. (oxy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed