Bawaslu Gelar Bimtek untuk Pengawas TPS

(haluankepri.com)

(haluankepri.com)

BATAM (HK) -Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Batam menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Traning Of Trainer (TOT) bagi Pengawas Tempat Pemunggutan Suara (PTPS) Pemilu 2019 sekaligus mencoba sistem pengawasan sistem pemilu (Siwaslu) berbasis IT atau secara online.

Ketua Bawaslu Kota Batam, Syailendra Reza Irwansyah Rezeki mengatakan, bimtek untuk para PTPS itu sekaligus guna menguji kemampuan server Bawaslu yang akan digunakan pada 17 April nanti.

“Dari awal sudah kita uji coba selalu dan hari ini adalah uji coba serentak se-Indonesia. Di Kota Batam dilakuka hari ini di beberapa kecamatan, dan lainnya besok, karena tidak mungkin bisa dilaksanakan di seluruh kecamatan pada hari ini,” ucap Reza kepada awak media, Kamis (11/4) disela-sela pelaksanaan Bimtek PTPS se-Kecamatan Batam Kota di Aula Asrama Haji Batam Center.

Reza menambah kan, ini adalah bimtek kedua. Harapannya, agar PTPS bisa dan siap mengawal jalannya pemilu nantinya.

“Pada bimtek kedua ini kita berharap nantinya Panwascam mengadakan simulasi pemilihan agar semua PTPS memahami tugas dan perannya di lapangan nantinya. Makanya tadi saya hidupkan video tentang pelaksanaan pemilu, yaitu ada video saksi, KPPS dan PTPS,” ujar Reza.

Menurut Reza tugas dan tanggung jawab utama dari PTPS itu adalah mengawasi pelaksanaan pemilu di TPS. Selain itu membantu KPPS dalam proses berjalannya pencoblosan. Seterusnya tugas lainnya adalah, pertama, memastikan kepada masyarakat bahwa telah menerima formulir C6 sebelum pelaksanaan pemilu.

“Makanya diutamakan para PTPS itu adalah warga yang berada di dekat tempat pelaksanaan TPS. Tujuannya agar memudahkan para PTPS menanyakan dan memastikan kepada masyarakat sekitarnya telah menerima formulir C6 nantinya,” ucap Reza.

Lanjut Reza, tugas kedua PTPS adalah memastikan TPS apakah ramah dengan disabilitas atau tidak.

“Kalau seandainya tempat itu ribet dan membuat masyarakat susah maka harus dicarikan tempat yang landai agar semua orang enak dan bisa untuk datang,” jelasnya. (cw64)