Disparbud Harus Melestarikan Budaya Anambas

BUPATI Abdul Haris menyerahkan cinderamata kepada M Nur A Nasution, Director Batam Tourism Polytechnic (BTP).Foto : Yudi/Haluan Kepri

ANAMBAS(HK)-Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) berupaya terus mengelola destinasi budaya yang ada di daerah itu. Hal tersebut dilakukan agar menjaga situs-situs budaya dan melestarikannya.

Bupati KKA, Abdul Haris,SH mengatakan, daerah ini kaya dengan budaya, namun apabila tidak dilestarikan maka akan hilang.

“Ini merupakan tugas kita bersama untuk menjaga dan melestarikannya sehingga menjadi salah satu harta yang sangat berharga.

“Hal itu disampaikan Haris, saat membuka pelatihan tata kelola destinasi budaya dan home stay di Tarempa Beach, Kamis (11/4).

Ia menegaskan, agar destinasi budaya dapat terus diangkat kembali seperti Gobang, Hadra dan lainnya serta disinergikan dengan budaya lokal agar semakin mampu menarik perhatian.

“Kesenian ini harus dapat diangkat untuk dapat terus dilestarikan, sehingga mampu menjadi daya tarik bagi daerah ini,” katanya.

Ia mengungkapkan, pelatihan yang dilakukan untuk meningkatkan sumber Daya para pengelola homestay, dan mempertahankan seni dan budaya jangan sampai hilang.

Jadi lanjut dia, nantinya dalam menerima tamu para pengelola homestay dapat melayani dan mengarahkan dengan baik.

“Homestay itu adalah pelayanan, maka dari itu para pengelola harus diberikan pelatihan agar mampu melayani tamu dengan baik,” tuturnya.

Saat ini terdapat sejumlah homestay yang ada di Anambas sepeti didaerah Mampok, Belibak, Batu Berapit dan Landak.

“Kita berharap dengan adanya homestay dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,”tutupnya.(yud)