Jelang Penghujan, Satgas Bersihkan Sampah Antisipasi Banjir

Foto : Petugas Satgas Kebersihan sedang melakukan pengawasan dan pembersihan disaluran air untuk antisipasi banjir/ Oky Alexander

Foto : Petugas Satgas Kebersihan sedang melakukan pengawasan dan pembersihan disaluran air untuk antisipasi banjir/ Oky Alexander

BINTAN (HK) – Jelang musim penghujan, pasukan Satgas kebersihan drainase mulai mengawasi sampah-sampah yang menumpuk dibeberapa saluran drainase yang ada dikawasan Kota Baru Kecamatan Teluk Sebong tak jauh dari terminal Lagoi, Kamis (11/4).

Tampak beberapa orang Satgas Drainase Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bintan membersihkan sampah-sampah plastik yang menyumbat aliran air pada drainase.

Kepala Dinas PUPR Bintan, Herry Wahyu mengatakan, sampah-sampah yang menumpuk disaluran drainase harus dibersihkan mengingat beberapa hari ini curah hujan mulai tinggi.

“Jadi kita kerahkan petugas kebersihan untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di aliran drainase supaya kalau hujan lebat tak menimbulkan banjir,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid SDA Dinas PUPR Bintan M Ali Bazar menambahkan, langkah ini dilakukan karena siklus intensitas hujan mulai signifikan. Sehingga, pada saat musim hujan air bisa terbuang melalui saluran drainase yang bersih.

“Takutnya kalau tidak dibersihkan, nanti musim penghujan bisa menimbulkan banjir,” katanya.

Ali menjelaskan, sampah-sampah yang menumpuk disaluran drainase berasal dari pemukiman warga atau sampah rumah tangga. Ia menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuat sampah kesaluran air seperti drainase.

“Karena bisa menyumbat drainase nanti bisa banjir. Jadi kita himbau masyarakat agar tetap menjaga kebersihan,” imbuhnya. (oxy)

(Visited 7 times, 1 visits today)