Pemprov Kepri Akan Bangun Bandara Sea Plane

KEPALA Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna, Iskandar Dj mengatakan, pemerintah akan membangun sea plane di Natuna.Foto : Fathurahman/Haluan Kepri

NATUNA (HK) – Pemerintah Provinsi Keperi telah berencana membangun  Bandar Udara (Bandara) khusus untuk Sea Plane (Pesawat Apung) di Natuna.

Sarana ini ditujukan sebagai salah satu upaya membangun konektifity Natuna dan wilayah luar.

Bandara pesawat apung ini juga ditujukan untuk mendukung pengembangan pariwisata Natuna sebagai salah satu destinasi wisata utama Provinsi Kepri.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna, Iskandar Dj mengatakan, rencana pembangunan ini telah mengemuka dan disepakati pada moment-moment pertemuan Provinsi Kepri yang berskala besar.

“Untuk rencananya sudah disepakati, hanya saja mengenai teknis belum bisa dikemukakan karena masih dalam tahap perencanaan,” kata Islandar Dj di kantornya, Komplek Pelabuhan Tanjung Payung, Ranai, Kamis (11/4).

Ia juga mengaku belum bisa menyampaikan terkait waktu dan anggaran pembangunan pangakalan udara untuk pesawat yang biasa dikenal juga sebagai pesawat ampibi itu.

“Tapi lokasinya sudah ditentukan dalam perencanaan itu yakni di Pulau Setanau, Kecamatan Pulau Tiga dan Pulau Senoa, Kecamatan Bunguran Timur,” terangnya.

Kedua lokasi ini akan segera dikaji kelayakannya sebagai pangkalan pendaratan sea plane dan lini-lini lainnya dari pangkalan itu tengah dikoordinasikan dengan para ahli dan pihak terkait.

“Kedua pulau ini dipilih karena kedu- duanya merupakan obyek wisata. Dan memang tujuan utama perencanaan ini untuk mendukung pengembangan pariwisata Natuna,” ujar Iskandar Dj.

Menurutnya pembangunan pangkalan udara semacan ini lebih mudah karena bandaranya tidak memerlukan sarana pendaratan yang besar dan banyak seperti runway, taxi way dan sarana lainnya sebagaimana lazimnya bandar udara.

“Saya rasa pangkalan semacam ini cocok unruk Natuna sebagai daerah maritim. Kami berharap ini bisa cepat terealisasi agar Natuna lebih mumpuni sebagai tujuan wisata. Mudah-mudahan upaya pembangunannya dapat berjalan lancar tanpa kendala nanti,” pungkas Iskandar Dj.(fat)