BPDASHL Sei Jang Berikan Bantuan Bibit Gratis pada Masyarakat

Kepala Manggala Agni Daops Batam, Ihsan Abdillah bersama kasi Evaluasi BPDASHL Sei jang Duriangkang, Masir. (bobi/haluankepri.com)

Kepala Manggala Agni Daops Batam, Ihsan Abdillah bersama kasi Evaluasi BPDASHL Sei jang Duriangkang, Masir. (bobi/haluankepri.com)

Batam (HK) – Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Sei Jang Duriangkang memberikan bantuan bibit gratis kepada masyarakat.

Kepala seksi evaluasi BPDASHL Sei jang Duriangkang, Masir, S. Hut, M.SI mengatakan, bibit yang disiapkan oleh BPDASHL ada dua jenis, yakni berkualifikasi dan bibit produktif.

“Untuk jenis bibit produktif yakni, mangga, jambu citra, jambu biji dan sirsak. Sementara, untuk jenis bibit berkualitas yakni, Durian, pulai, trembesi, Ketapang, pucuk merah, petai, jengkol, matoa dan nangka,” ungkap Masir, Jumat (12/4/2019) siang.

Dikatakan, untuk kota Batam, alokasi bantuan bibit produktif sebanyak 6.000 batang, sedangkan untuk bibit berkualitas sebanyak70.000 batang.

Masir menjelaskan, prosedur untuk mendapatkan bibit tanaman tersebut, masyarakat dapat mengajukan surat permohonan bantuan bibit kepada BPDASHL Sei Jang Duriangkang,

“Khusus untuk Batam, BPDASHL mengalokasikan tempat permohonan di Kantor Manggala Agni Daops Batam, di Kelurahan Tanjung Riau, Sekupang,” jelasnya.

Bibit ini, lanjutnya, diperuntukan untuk di tanam di lingkungan masyarakat, di lingkungan kantor baik instansi pemerintah maupun swasta, di sekolah atau di kebun.

“Sehingga dapat menghijaukan lahan atau tanah-tanah kosong yang sudah gersang, selain untuk perbaikan lingkungan juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, kepala Manggala Agni Daops Batam, Ihsan Abdillah mengucapakan terimakasih kepada BPDASHL Sei Jang Duriangkang telah menitipkan bibit tersebut kepada pihaknya untuk diserahkan langsung kepada masyarakat Batam.

“Selain menyerahkan bibit kepada masyarakat, kita juga akan memberikan poster berupa ajakan untuk pencegahan kebakaran Hutan dan lahan,” ujar Ihsan

“Artinya, dua program pemerintah ini dapat terealisasikan, mengingat selama ini kebakaran kerap terjadi oleh manusia yang tidak bertanggungjawab,” tutupnya. (cw63)

(Visited 15 times, 1 visits today)