Jepang Lirik Sektor Pariwisata Natuna

TIM Kedubes Jepang untuk Indonesia, Takashi Sawada, menerima cinderamata dari Sekda Natuna, Wan Siswandi.Foto : Fathurahman/Haluan Kepri

NATUNA (HK) – Setelah dikunjungi Kedubes Amerika Serikat (AS) tahun lalu, kini Kabupaten Natuna kedatangan Takashi Sawada, Tim Kedubes Jepang untuk Indonesia bersama rombongan dari KKP.

TIM Kedubes Jepang untuk Indonesia, Takashi Sawada, menerima cinderamata dari Sekda Natuna, Wan Siswandi.Foto : Fathurahman/Haluan Kepri

Kunjungan tim tersebut dalam rangka meningkatkan maupun mengembangkan industri wisata yang dimiliki Natuna.

“Hal seperti ini perlu kita sambut dengan baik, terlebih lagi mereka siap membangun destinasi wisata di Natuna. Dengan begitu pemerintah daerah akan mempermudah segala izinnya,” kata Bupati Natuna, Hamid Rizal melalui Sekda Natuna, Wan Siswandi saat menyambut para rombongan dari Tim kedubes Jepang dan dari KKP, Kamis (12/4).

Natuna yang wilayahnya dekat dengan negara tetangga, siap membuka secara luas siapa saja investor yang ingin mengembangkan usahanya di Natuna. Terlebih lagi Natuna yang telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional dengan beragam destinasi wisatanya.

“Sebagai daerah perbatasan, Natuna segera terbangun Pelabuhan Lintas Batas Negara (PLBN) yang akan mempermudah  wisatawan asing untuk mengunjungi Natuna,” jelasnya.

Wan Siswandi berharap dengan niat Negara Jepang ingin membangun destinasi wisata, bisa turut meningkatkan potensi perekonomian masyarakat Natuna.

“Ya kita berharap pertemuan dengan tim Kedubes Jepang ini, segala yang telah dicanangkan bisa tercapai. Dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakatnya,” harapnya.

Sementara itu selaku tim Kedubes Jepang untuk Indonesia, Takashi Sawada menerangkan bahwa kujungan kali ini dalam rangka peninjauan fasilitas pendukung wisata Natuna seperti hotel, restoran, dan fasilitas lainnya, guna kenyamanan bagi wisatawan yang akan datang nanti.

“Kita ingin memantau langsung sarana pendukung untuk pembangunan destinasi wisatanya. Terlebih lagi wisata bawah lautnya yang terkenal indah,” kata Takashi Sawada di ruang rapat Kabupaten Natuna.

Ia juga mengaku, kerjasama antara pemerintah pusat dengan Negara Jepang sudah cukup lama, dan setelah mengetahui Natuna memiliki destinasi yang indah, maka pemerintah Jepang berkeinginan membangun destinasi wisata di Natuna.

“Pembangunan destinasi wisata di natuna ini sudah disepakati oleh negara Jepang. Terlebih lagi wisata bawah lautnya yang sangat indah jika melakukan snorkeling maupun diving,” ungkapnya.

“Kami berkeinginan keras destinasi baru itu dibangun di Natuna. Kami sekarang  punya travel agen  khusus, yang dapat memberikan fasilitas diving di lautan, kami juga akan mengecek segala fasilitas pendukung lainnya di sini,” tandasnya. (fat)

(Visited 3 times, 1 visits today)