by

Pelajar Diberi Edukasi Tentang Konservasi Perairan

ANAMBAS(HK)-Tim LKKPN Pekanbaru memberikan edukasi mengenai kawasan konservasi perairan kepada pelajar di SMAN 1 Palmatak. Acara ini dikemas dalam kegiatan TWP Goes To School. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program LKKPN Pekanbaru dengan sasaran generasi muda khususnya siswa sekolah. Para lelajar diberikan edukasi mengenai kawasan konservasi perairan TWP Kepulauan Anambas.

Kepala LKKPN Pekanbaru, Yogi Yanuar mengatakan, laut Kepulauan Anambas yang luas mempunyai potensi besar, dan dapat menjadi modal generasi penerus di daerah ini.

“Banyak potensi yang dapat digali oleh pemuda-pemudi Anambas. Tim LKKPN Pekanbaru turut berbagi informasi dan pengetahuan kepada siswa-siswi tersebut melalui pemaparan materi dan diskusi kelompok,” ujar Yogi, dalam rilis yang disampaikan, Jumat (12/4).

Ia mengungkapkan, dari sosialisasi yang dilakukan, para siswa berhasil mengidentifikasi dan memaparkan hasil diskusi kelompok mulai tahap identifikasi ancaman yang terjadi di lingkungan sekitar mereka, hingga mengusulkan solusi yang dapat mereka kontribusikan.

“Para siswa sangat antusias mengikuti acara tersebut. Hal ini tampak pada keseriusannya dalam merumuskan indikator-indikator sesuai arahan Tim LKKPN Pekanbaru,” jelasnya.

Yogi menambahkan, di Palmatak terdapat beberapa ancaman yang berhasil diidentifikasi sebagai masalah serius dan sering dijumpai pada kehidupan sehari-hari para siswa, antara lain yakni, penangkapan ikan dengan cara merusak (destructive fishing), pengambilan terumbu karang, dan pencemaran sampah terutama di laut.

“Hampir semua kelompok memilih ancaman pencemaran sampah yang diakibatkan perilaku membuang sampah secara sembarangan menjadi masalah serius dan sering dijumpai pada kehidupan sehari-hari,” urainya.

Ia menambahkan, perilaku membuang sampah pada sembarang tempat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain, kurangnya rasa akan peduli lingkungan dan kurangnya ketersediaan sarana tempat sampah.

“Berdasarkan hasil identifikasi tersebut para siswa menyajikan solusi atasi faktor masalah yang terjadi. Untuk mengatasi masalah pencemaran sampah adalah dengan memulai dari diri sendiri dan mengajak lingkungan terdekat untuk berubah lebih peduli akan kebersihan lingkungan,” tuturnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan TWP Goes To School ini juga dapat melahirkan komunitas-komunitas cinta laut dan LKKPN Pekanbaru berkomitmen untuk memberikan dukungan pada program-program cinta laut.(yud)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed