Polres Amankan Pencuri Uang Infak Masjid Jamik

BARANG bukti kotak infak yang dibobol maling di Masjid Jamik.Foto : Yudi/Haluan Kepri

BARANG bukti berupa obeng dan palu yang digunakan pelaku saat membobol kotak infak.Foto : Yudi/Haluan Kepri

ANAMBAS(HK)-RH alias RB hanya dapat tertunduk lesu saat digelandang ke Mapolres Kepulauan Anambas untuk mempertanggung jawabkan perbuatan, mencuri uang Infaq di Masjid Jamik.

Penangkapan RH ini terjadi setelah beberapa jam pengurus Masjid Jamik melapor ke Mapolsek Siantan karena uang Infaq masjid tertua di Kecamatan Siantan itu hilang dan pelaku terekam CCTV.

“Setelah mendapatkan laporan, kita langsung bergerak dan langsung mengamankan RH yang mengambil uang Infaq masjid,” kata Junoto, Kapolres Kepulauan Anambas, Sabtu (13/4).

Ia mengungkapkan, pihaknya mendapatkan laporan dari pengurus masjid bahwa uang Infaq masjid telah hilang.

Kronologisnya lanjut Junoto, pada hari Sabtu Pukul 04.00 WIB subuh saat pelapor (Ramli) akan melaksanakan sholat subuh di Masjid Jamik, ia melihat Kotak Infaq milik masjid dalam keadaan rusak.

“Kemudian beliau melihat isi dalamnya, ternyata uang dalam kotak tersebut telah hilamg, dan ditemukan obeng di sekitar kotak infaq tersebut,” jelasnya.

Mendapatkan laporan tersebut pihaknya langsung bergerak cepat dengan mendatangi TKP, kemudian mengamankan tersangka beserta barang bukti berupa uang sebesar Rp6.184.000, kotak infaq, Martil dan obeng.

Tersangka dijerat pasal 363 ayat (1) huruf ke-5 jo Pasal 64 ayat (1) KUHPidana dengan sangsi pidana Penjara paling lama Tujuh tahun.(yud)