Polres Tangkap Penanam Ganja

TERSANGKA dan barang bukti ganja yang diamankan polisi.Foto : Yudi/Haluan Kepri

ANAMBAS (HK) – Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Anambas amankan 2 batang pohon yang diduga ganja dari kediaman HE (30).

Ganja ditanam di dalam p.ot di sekitar rumah nya di Jalan Hulu Rintis, seperti menanam bunga sehingga samar dan luput dari perhatian. Selain di dalam pot ada juga tanaman ganja yang ditanam langsung di tanah di sekitar rumahnya.

Kapolres Kepulauan Anambas AKBP, Junoto,SIK mengatakan, saat melakukan penangkapan terdapat dua batang tanaman ganja disekitar rumah tersangka.

“Saat ini tersangka beserta barang bukti diamankan di Mapolres Kepulauan Anambas,” ujar Junoto, Sabtu (13/4).

Kapolres Perdana Anambas itu mengungkapkan, setelah mendapatkan informasi dan mengetahui secara pasti HE menanam ganja pihaknya pada Rabu (10/4) sekitar pukul 15.45 WIB langsung melaksanakan persiapan penangkapan.

“Saat tiba di TKP tempat tersangka menanam ganja sekitar pukul 16.00 WIB tersangka tidak berada dirumah, keluar bersama anak dan istrinya, namun pemantauan tetap dilakukan,”jelasnya.

Ia melanjutkan, sekitar 1,5 jam menunggu akhirnya tersangka kembali ke rumah dengan menggunakan sepeda motor. Sekira pukul 17.35 Wib anggota bersama ketua RT langsung menuju rumah kediaman tersangka dan menjumpai tersangka dan Istri tersangka.

“Dan pada pukul 17.45 Wib anggota beserta tersangka dan ketua RT 11, Dedi Darmadi melakukan pemeriksaan ditempat yang di perkirakan lokasi penanaman ganja, pukul 17.50 Wib di seputaran kediaman tersangka ditemukan tanaman ganja 2 batang ditanah dan 2 batang dipot, penggeledahan tersebut di saksikan oleh ketua RT setempat,”jelasnya.

Kemudian tambah Junoto, pihaknya mencabut 2 batang ganja yang ditanah dan membawa ganja yang berada di 2 pot beserta semprotan tanaman ganja untuk dikumpulkan.

Sedangkan barang bukti yang diamankan antara lain beberapa batang ganja, sebuah gunting stanlis, alat penyemprot dan lainnya.

Tersangka terancam Pasal 111 ayat 1 dan 2 jo pasal 127 ayat 1 undang-undang No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika (ancaman hukuman minimal 5 Tahun kurungan penjara maksimal kurungan penjara seumur hidup dan hukuman mati).(yud)

(Visited 1 times, 1 visits today)