MAN IC Batam Seleksi Siswa Baru di Natuna

Siswa Natuna ikut seleksi masuk MAN IC Batam. (istimewa)

Siswa Natuna ikut seleksi masuk MAN IC Batam. (istimewa)

Natuna (HK) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Batam melaksanakan seleksi penerimaan siswa baru di Natuna yang selenggarakan di di Labor Komputer MAN 1 Natuna, Minggu (14/4/2019). Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Natuna, Drs. H. Ahmad Husen, yang juga dihadiri oleh Kasi Pendis Kantor Kemenag Natuna, Hj. Rif’ah, S.Ag, Kepala MAN 1 Natuna, Hj. Fatimah, S.Pd, Kepala MTs 2 Natuna dan Drs. Ramizi penanggung jawab penerimaan seleksi dari MAN IC Batam.

Seleksi tersebut menggunakan sistem komputer secara online. Adapun siswa yang mengikuti seleksi berjumlah 10 orang, yang terdiri dari 5 laki- laki dan 5 perempuan yang berasal dari MTsN 2 Natuna 5 orang, SMPN 1 Bunguran Timur 3 orang, MTs Darussalam 1 orang dan SMP Nurul Jannah 1 orang. Seleksi hanya satu hari, untuk sesi pertama dimulai dari pukul 07.30 s/d 09.00 WIB dan untuk sesi kedua dari pukul 09.30 s/d 11.30 WIB.

Kakan Kemenag Natuna, Drs. H. Ahmad Husin, mengatakan MAN IC ini merupakan madrasah yang andal dan termasuk madrasah favorit dan banyak anak didik yang ingin menimba ilmu di MAN IC Batam.

“Kami akan bangga jika seluruh anak-anak yang ikut seleksi ini bisa lulus semua. Karena itu saya berharap anak-anak yang ikut test bisa menjawab soal-soal yang diberikan dan jangan terburu-buru mengerjakan soal dan tetap semangat terus,” tutur Ahmad.

Diketahui, MAN IC adalah merupakan salah satu Rencana Strategis Kementerian Agama yang menyatakan bahwa untuk meningkatkan daya saing bangsa, perlu dikembangkan madrasah bertaraf internasional pada tingkat kabupaten/kota melalui kerjasama yang konsisten antara pemerintah dengan pemerintah kabupaten/kota yang bersangkutan.

Dan MAN IC di Batam adalah satu diantara 20 MAN IC yang sedang dibangun oleh Kementerian Agama. Enam diantaranya telah beroperasi pada tahun Pelajaran 2015/2016 yaitu di MAN IC Aceh Timur Aceh, OKI Sumatera Selatan, Siak Riau, Bangka Tengah Kepulauan Bangka Belitung, Paser Kalimantan Timur dan Kota Pekalongan Jawa Tengah.

MAN IC memiliki tujuan, pertama, mengembangkan pendidikan madrasah yang istimewa dalam bidang sains dan teknologi yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan sosial. Kedua, mereproduksi keunggulan dan menyempurnakan MAN Insan Cendekia ke berbagai daerah agar menjadi madrasah yang bermutu, unggul, dan berdaya saing global. Ketiga, memperluas akses bagi masyarakat untuk memperoleh pendidikan madrasah yang bermutu, berkeunggulan lokal, dan berdaya saing global dengan biaya yang sangat terjangkau, dan beasiswa bagi anak-anak yang cerdas istimewa dan berbakat istimewa.(r)

(Visited 2 times, 1 visits today)