BP Batam Bentuk Empat Garda Satgas Pengawalan Investasi

(bobi/haluankepri.com)

(bobi/haluankepri.com)

Batam (HK) – Badan pengusahaan (BP) Batam bentuk Garda Satuan Tugas (Satgas) guna pengawalan dan percepatan pengembangan investasi dan peningkatan ekspor Di Batam, Selasa (16/4) pagi.

Kepala BP Batam, Edy putra Irawady, mengatakan bahwa Garda yang dibentuk oleh pihaknya itu ada empat, pertama, Garda restrukturisasi dan revitalisasi investasi.

“Sebagaimana, tugas dan tanggung jawab Garda restrukturisasi dan revitalisasi investasi ini adalah melaksanakan inventarisasi, evaluasi dan peninjauan dilapangan terhadap lahan yang belum dilaksanakan pembangunannya dan mendorong agar segera melaksanakan kegiatan diatas Iahan untuk menggerakkan investasi dan ekspor,” jelas Edy.

“Apabila terjadi penyimpangan dalam kegiatan pembangunan akan dilakukan mediasi dengan pilihan tindakan antara lain pembongkaran, pemberian batas waktu atau kompensasi,” tegasnya.

Kedua, Garda pengawalan percepatan perwujudan Pipeline dan new entrance, dimana tugasnya adalah melaksanakan inventarisasi, identifikasi, dan evaluasi permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan yang baru (pipeline) melakukan kegiatan investasi atau ekspor serta membantu penyelesaian permasalahannya.

“Serta memberikan konsultasi secara aktif dan bantuan penyelesaian perizinan dan non-perizinan bagi perusahaan yang berminat atau akan melakukan investasi dan/atau ekspor,” jelasnya.

Ketiga, Garda penyelesaian operasional investasi dan ekspor bertugas untuk melaksanakan inventarisasi, identifikasi, evaluasi dan analisis permasalahan operasional dan gangguan terhadap kegiatan investasi dan atau ekspor.

“Selain itu, juga membantu penyelesaian permasalahan dan gangguan terhadap kegiatan investasi dan atau ekspor,” ucap Edy.

Terkahir adalah Garda evaluasi dan pengembangan investasi baru dan ekspor, yang mana tugasnya adalah menganalisis dan evaluasi perkembangan investasi, perdagangan dunia serta menganalisis pasar dan investor.

“Selain itu, mengevaluasi ketersediaan Iahan dan memberikan penjelasan mengenai insentif dan disinsentif dan proses di OSS serta membantu proses terwujudnya investasi baru dan ekspor yang mempunyai nilai tambah tinggi,” jelasnya. (cw63)

(Visited 1 times, 1 visits today)