Menteri Susi dan TNI AL Gelar Patroli Laut

MENTERI Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti foto bersama Danguskamla dan warga Pulau Laut di Pulau Sekarung.Foto : Fathurahman/Haluan Kepri

NATUNA (HK) – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudji Astuti bersama jajaran TNI AL menggelar patroli kemanan laut di Natuna Utara, Selasa (16/4). Patroli digelar menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Usman Harun (USH)- 359.

Patroli bukan hanya digelar melalui laut, Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada I, Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso pada tanggal 15 April juga melaksanakan patroli melalui udara dengan menggunakan pesawat patroli udara Maritim milik TNI AL jenis Cassa TNI AL P 8304.

Patroli udara ini difokuskan pada perairan Natuna Utara. Setelah melaksanakan patroli melalui udara, Pukul 10.40 WIB pesawat patroli TNI AL jenis cassa P 8304 landing di Bandara Raden Sadjad disambut oleh Komandan Lanal Ranai, Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, selanjutnya menuju KRI USH -359 yang berada di perairan kepulauan Sahi Natuna untuk bergabung dengan rombongan KKP.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti didampingi Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada I Laksamana Pertama Dafit Santoso dan Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E. melaksanakan patroli bersama di perairan Natuna dengan menggunakan Kapal Republik Indoneaia (KRI) Usman Harun -359. Ikut serta dalam patroli Danguskamla tersebut antara lain Sekjen KKP, Nilanto Perbowo dan Dirjen PSDKP, Agus Suherman.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan intesitas keamanan di kawasan,” kata Kolenel Harry.

Selasa (16/4) Patroli kemudian dilanjutkan dengan kunjungan Kemen KP dan TNI AL ke Pulau Laut. Di sana Menteri Susi bersama Danguskamla beserta rombongan mengunjungi Pulau Sekatung dan bertemu dengan warga kecamatan setempat.

Pada kesempatan itu ia mengingatkan kepada warga agar menjaga kebersihan laut dan tidak menangkap ikan dengan bahan-bahan yang dapat membahayakan ekosestem laut.

“Saya ingatkan kepada masyarakat agar jangan sampai membuang sampah ke laut, kita jaga laut kita agar tetap bersih. Dan jangan sampai ada yang menangkap ikan dengan bius, kalau ada yang menemukan tindakan seperti ini segera dilaporkan ke KKP,” tegasnya.

Pada kunjungannya itu ia juga memberikan arahan kepada perajurit Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Pulau Sekatung. (fat)