TNI AL Menangkap KIA Vietnam

ACARA serah terima KIA Vietnam dari pihak KRI USH - 359 ke Lanal Ranai.Foto : Fathurahman/Haluan Kepri

NATUNA (HK) – KRI Usman Harun (USH) – 359 telah berhasil menangkap dua Kapal Ikan Asing (KIA) asal Vietnam, Senin (15/4) di perairan Natuna Utara.

Kedua kapal itu berhasil ditangkap di tangkap pada kordinat 05 02′ 772″ U – 110 30′ 737″ T. Kapal tersebut masing – masing BV 8118 TS berbendera Vietnam tonage 80 GT dengan nakhoda Chien Van Nghiep beserta 16 Anak Buah Kapal (ABK) dan BV 9888 TS berbendera Vietnam, tonage 80 GT dengan nakhoda Le Van Taw beserta dua Anak Buah Kapal (ABK).

“Kapal itu diduga melakukan tindak pidana illegal fishing di perairan Indonesia,” kata Komandan Lanal, Kolonel Laut (P) Harry Setyawan melalui rilis persnya, Rabu (17/4).

Kedua kapal tersbut berikut ABK dan barang bukti lainnya kemudain digiring ke Faslabuh TNI AL Selat Lampa, Kecamatan Pulau Tiga untuk diserahterimakan ke Lanal Ranai.

Prosesi serahterima dilaksanakan di atas KRI USH – 359 dari pihak KRI USH ke pihak Lanal Ranai sebagai salah satu tindakan hukum lanjutan.

“Prosesi serahterima sudah kemarin, Nakhoda dan ABK serta sejumlah barang bukti sudah dibawa ke Lanal untuk penyidikan sebagai tindakan hukum lebih lanjut,” ujar Danalanal.(fat)

(Visited 8 times, 1 visits today)