Pemilu Karimun Berjalan Lancar

KARIMUN (HK)-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun melalui Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) memantau proses pencoblosan surat suara pemilu 2019 di setiap tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Kabupaten Karimun, Rabu (17/4). Secara keseluruhan pemilu di Karimun berjalan lancar.

“Kalau dikaji secara keseluruhan, pemilu tahun 2019 ini berjalan aman dan lancar. Kalaupun ada masalah di lapangan, itu hanya masalah kecil, seperti sempitnya waktu bagi pemilih DPK yang hanya satu jam. Jadi, banyak yang tak bisa memilih,” ungkap Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko saat ditemui di kantornya, Rabu (17/4).

Kata Eko, ada beberapa laporan lisan yang sampai ke meja KPU terkait pelaksanaan pemilu. Seperti kekurangan surat suara di 2 TPS seperti TPS yang ada di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing dan TPS di Balai Kota dekat Hotel Paradise, Kecamatan Karimun. Namun, kekurangan surat suara itu ditutupi dari TPS terdekat. Kemudian, di Degung, Kecamatan Belat ada beberapa surat suara yang tercampur antara satu dapil dengan dapil lainnya. Untuk mengatasinya, KPU juga telah mengganti surat suara itu dengan surat suara dapil di Belat.

Diketahui, Kecamatan Belat masuk dapil II, sementara, ada beberapa surat suara dapil III yang juga masuk ke daerah itu.

“Memang, kami mendapat informasi adanya surat suara yang bercampur antara dapil II dan dapil III di Degong, Kecamatan Belat. Namun, kami sudah berkoordinasi dengan PPS setempat untuk segera mengganti surat suara dapil III tersebut dengan surat suara dapil II yang berada di TPS terdekat,” ujarnya. (ham)

(Visited 3 times, 1 visits today)