Pulau Sekatung Butuh Kapal dan Internet

MENTERI Susi Pudjiastuti berbincang dengan Camat Sudirman di Pelabuhan Sepayang, Pulau Laut.Foto : Fathurahman/Haluan Kepri

NATUNA (HK) – Di sela-sela kegiatan patroli laut yang digelar bersama TNI Angkatan Laut, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudji Astuti menyempatkan diri singgah di Pulau Laut dan Pulau Sekatung, Kecamatan Pulau Laut, Selasa (16/4) kemarin.

Di pulau itu ia bertemu dengan pemerintah kecamatan setempat, petugas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) dari TNI, tokoh masyarakat serta warga setempat.

Melihat kondisi Pulau Sekatung selaku Pulau yang paling utara di wilayah Kabupaten Natuna itu masih minim sarana, Menteri Susi langsung mengeluarkan ide untuk melengkapi sarana dan prasarana di pulau tersebut.

Ia mengatakan, seharusnya di Pulau itu ada kapal yang bisa melayani petugas dan warga untuk keluar masuk dari dan ke Pulau Sekatung agar tidak jadi wilayah terisolir.

“Beliau bilang agar Petugas Pamtas di Sekatung dapat mengurus keperluan tugas dan pribadinya ke Desa Air Payang, Ibu Kota Kecamatan Pulau Laut. Kalau ada kapal enak mereka kerja. Kalau tidak bisa kapal, paling tidak speedboad,” tutur Camat Sudirman, Kamis (18/4) melalui telepon.

Ide kedua, Menteri Susi mengemukakan bahwa Pulau Sekatung harus dilenkapi dengan jaringan internet, sehingga urusan kerja mereka juga dapat berjalan lebih mudah dan lancar.

“Bu Menteri saat itu juga langsung nelpon Pak Menkominfo, Rudiantara untuk minta internet dipasang di Pulau Sekatung. Kata beliau, paling tidak mereka (Petugas Pamtas) dapat dengan mudah berkomunikasi dengan keluarganya di kampung halaman,” sambung Camat Sudirman.

Pada kesempatan itu, Selain memberikan pengarahan kepada petugas Pamtas dan warga Pulau Luat, Menteri Susi juga berjanji akan memberikan sumbangan sarana air bersih di Pulau Sekatung, karena di pulau itu tidak ada sarana dan sumber air bersih yang memadai.

“Beliau juga akan memberikan sumbangan berupa air purifier untuk kebutuhan air bersih di Sekatung. Kami pemerintah dan warga Kecamatan Pulau Laut mengaparesiasi sekali kedatangan Bu Menteri ke tempat kami,” pungkasnya. (fat)