Bupati Menyerahkan Mesin Perontok ke Petani

BUPATI Hamid Rizal menyerahkan bantuan mesin perontok secara simbolis kepada petani di halaman Kantor Bupati Foto : Fathurahman/Haluan Kepri

NATUNA (HK) – Bupati Natuna Hamid Rizal menyerahkan sejumlah mesin perontok padi kepada Pengurus Usaha Pengelolaan Jasa Alat Pertanian serta Surat Keputusan tentang bibit unggul bersertifikat yang langsung ditandatangani oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia.

Bupati Natuna, Hamid Rizal menegaskan kepada para penerima bantuan untuk menjaga dan merawat mesin perontok padi, agar bisa digunakan petani lainnya yang membutuhkan.

“Saya ingatkan kepada para petani gunakanlah alat ini sebaik-baiknya, dan rawatlah dengan baik supaya selalu tahan lama,” kata Bupati Hamid ketika menyerahkan bantuan kepada sejumlah petani, Kamis (18/4).

Selain itu juga Hamid menyampaikan bahwa Natuna sudah memiliki bibit cengkih unggul yang dapat bersaing dengan bibit cengkih lainnya dengan kualitas bagus.

Setelah sekian lama akhirnya Kabupaten Natuna mendapatkan Surat Keputusan langsung dari Kementerian Pertanian tentang penetapan Natuna memiliki bibit cengkih unggulan yang berada didesa sepempang.

“Kita sangat bersyukur dengan adanya penetapan langsung dari Kementerian Pertanian, bahwa Natuna memiliki bibit cengkih unggulan. Dengan begitu Natuna tidak perlu lagi mencari bibit cengkih dari daerah lain, kan kita sudah ada bibit cengkih yang lebih bagus,” ungkapnya.

Penyerahan bantuan mesin dan SK dari Kementerian Pertanian diselaraskan dengan kegiatan upacara 17 hari bulan, bertempat di halaman kantor Bupati jalan  Batu Sisir Bukit Arai Ranai Natuna.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Tengku Fauzan Tambusai mengatakan, penyerahan bantuan mesin perontok padi ini adalah niat dari Bupati Natuna yang ingin Natuna bisa menjadi swasembada beras.

“Penyerahan mesin ini adalah janji bupati kepada petani yang telah gigih dalam menciptakan natuna sebagai swasembada beras,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, dalam waktu dekat ini akan ada lagi bantuan mesin perontok padi langsung dari Kementerian Pertanian yang akan diserahkan kepada kelompok tani.

“Insya Allah dalam waktu dekat ini kita akan mendapatkan bantuan lagi mesin perontok padi dari kementerian, dan akan diserahkan ke para perani,” tandasnya. (fat)